Anies pastikan tarif MRT telah final, tinggal pengumuman saja

Jumat, 22 Februari 2019 | 14:50 WIB Sumber: Kompas.com
Anies pastikan tarif MRT telah final, tinggal pengumuman saja


MRT -  JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembahasan tarif moda raya terpadu ( MRT) Jakarta sudah final. Namun, dia belum mau mengumumkan tarif yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Tarif MRT sudah fase final, tinggal masalah pengumuman saja. Tapi sekarang sebelum data lengkap, saya tidak akan mengumumkan," ujar Anies di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2).

Anies hanya memberikan bocoran bahwa tarif MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia ditetapkan berdasarkan hitungan rupiah per kilometer. "Nanti penghitungannya per kilometer," kata Anies.

Pemerintah pusat sebelumnya mengusulkan tarif MRT Jakarta fase I tidak lebih dari Rp 10.000. Meski demikian, penentuan tarif merupakan kewenangan Pemprov DKI. "Pemerintah mengusulkan tarif rute HI ke Lebak Bulus berada di kisaran Rp 8.500-Rp 10.000,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (21/2).

Sebelum menentukan tarif MRT, Pemprov DKI meminta persetujuan DPRD DKI Jakarta. Langkah itu diamanatkan dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Penentuan tarif moda transportasi yang disubsidi harus dibahas Pemprov DKI dengan DPRD. PT MRT Jakarta sudah mengajukan hitungan tarif MRT Jakarta fase I dari konsultan sebesar Rp 8.500 dan Rp 10.000.

Perhitungannya berdasarkan jarak tempuh dengan rata-rata 10 kilometer per perjalanan. Dengan tarif Rp 8.500, subsidi yang harus digelontorkan Pemprov DKI per tahun Rp 365 miliar. Sementara dengan tarif Rp 10.000, subsidi yang harus dikeluarkan Rp 338 miliar. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Tarif MRT Sudah Final, Tinggal Pengumuman Saja...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru