Anies: Saya sampaikan terima kasih ke Jokowi atas dukungan infrastruktur Jakarta

Rabu, 21 April 2021 | 07:34 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Saya sampaikan terima kasih ke Jokowi atas dukungan infrastruktur Jakarta

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena memberikan dukungan terhadap pembangunan infrastruktur transportasi umum di Jakarta.

Hal tersebut dia katakan setelah acara penandatanganan paket kontrak pembangunan MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota yang dilakukan PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama perusahaan konstruksi gabungan Jepang-Indonesia.

Baca Juga: Berlaku mulai hari ini, cek perubahan waktu operasional MRT Jakarta

"Saya sampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang terus memberikan dukungan terhadap semua program pembangunan infrastruktur transportasi umum di Jakarta," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Anies mengatakan, Jokowi juga turut mendukung pembangunan sistem transportasi umum yang terintegrasi yang dinamakan Jak Lingko.

"Dukungan dari pemerintah pusat melalui arahan Bapak Presiden telah membuat begitu banyak program yang dilakukan di Jakarta bisa dituntaskan dengan baik," ucap dia.

Anies kemudian berujar, pembangunan MRT Fase 2A merupakan penyiapan jalur transportasi yang akan mewarnai Jakarta di masa depan.

Dibangun dengan tujuan kawasan Kota Tua tidak lain untuk kembali menghidupkan suasana kota di bagian utara Jakarta.

"Semua itu ada di dalam satu ikhtiar konsorsium untuk membangun kawasan Kota Tua, sehingga kawasan ini menjadi bagian dari masa depan Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Melewati beberapa cagar budaya, jadi tantangan proyek MRT Jakarta fase 2A

Diketahui proyek pembangunan Fase 2A MRT Jakarta merupakan pembangunan jalur MRT dari Bundaran HI-Kota. PT MRT Jakarta meneken kontrak bersama Sumitomo Mitsui Construction Company-Hutama Karya Joint Operation (SMCC-HK JO) senilai Rp 4,6 triliun untuk paket kontrak CP203, Selasa.

Paket kontrak tersebut nantinya akan dikerjakan selama 72 bulan untuk dua stasiun, yaitu Stasiun Glodok dengan panjang 240 meter dan Stasiun Kota sepanjang 411,2 meter, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kontrak MRT Fase 2A Senilai Rp 4,6 Triliun Diteken, Anies: Terima Kasih Presiden Jokowi"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru