Melewati beberapa cagar budaya, jadi tantangan proyek MRT Jakarta fase 2A

Jumat, 16 April 2021 | 11:22 WIB Sumber: Kompas.com
Melewati beberapa cagar budaya, jadi tantangan proyek MRT Jakarta fase 2A


MRT - JAKARTA. Proyek Fase 2A trase Moda Raya Terpadu (MRT) DKI melewati banyak cagar budaya. Hal itu menjadi tantangan untuk menyelesaikan pembangunan.

Proyek yang menyambung dari stasiun MRT Bundaran HI sampai ke Harmoni akan melewati beberapa cagar budaya di kawasan MH Thamrin, Monumen Nasional dan kawasan Harmoni.

"Teman MRT, pada pembangunan fase 2A banyak sekali tantangan yang dihadapi salah satunya adalah banyaknya Cagar Budaya sepanjang jalur fase 2A," tulis akun Instagram resmi MRT Jakarta @mrtjkt, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Ini tanggapan MRT Jakarta terkait aturan royalti musik dalam PP 56/2021

Cagar budaya dimaksud sesuai dengan gambaran Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2010. Dalam Undang-Undang itu disebutkan warisan budaya merupakan warisan bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

MRT merilis sejumlah tempat cagar budaya yang dilalui dalam pembangunan trase MRT fase 2A tersebut, di antaranya:

Editor: Yudho Winarto

Terbaru