kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,01   28,18   3.88%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Anies wajibkan warga Jakarta gunakan masker kain saat di luar rumah


Sabtu, 04 April 2020 / 22:54 WIB
Anies wajibkan warga Jakarta gunakan masker kain saat di luar rumah
ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewajibkan penggunaan masker kain kepada masyarakat ketika beraktivitas di luar rumah. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona di Jakarta.

Perintah Anies ini tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Corona Virus Disease (Covid-19). "Peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta memerlukan langkah bersama dari tiap warga untuk mengurangi potensi penularan antar orang," tulis Anies dalam seruannya yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/4).

Baca Juga: Apakah kita perlu memakai masker N95 untuk mencegah virus corona?

Anies meminta masyarakat selalu menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Jenis masker yang harus digunakan masyarakat adalah masker kain karena persediaan masker medis saat ini hanya untuk tenaga medis.

"Tidak membeli dan atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker medis diprioritaskan untuk tenaga kesehatan," kata dia. Ia mengingatkan agar masker kain yang sudah digunakan selalu dicuci supaya tetap bersih.

"Selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali. Menggunakan jenis masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci," tutur Anies.

Baca Juga: Jumlah kasus corona terus bertambah, pemerintah khawatirkan penularan dari OTG

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menginstruksikan kepada pengurus wilayah baik Ketua RT, RW, kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) untuk mengingatkan warga agar menggunakan masker di luar rumah.

Diketahui, hingga Sabtu hari ini, jumlah pasien positif virus Corona di DKI Jakarta mencapai 1.071 orang. Hal ini masih menjadikan DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah pasien jumlah pasien Covid tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Kapan waktu berjemur paling sehat di Indonesia?

Rinciannya jumlah pasien yang dirawat sebanyak 696 orang. Yang meninggal dunia 98 orang. Sementara yang dinyatakan sembuh 58 orang. Kemudian, 219 pasien positif lainnya menjalani isolasi mandiri. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Anies Wajibkan Warga Jakarta Gunakan Masker Kain saat di Luar Rumah.



TERBARU

[X]
×