Aplikasi Info.go.id Resmi Dirilis, Layanan Informasi Publik Akan Terintegrasi

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 04:11 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Aplikasi Info.go.id Resmi Dirilis, Layanan Informasi Publik Akan Terintegrasi

ILUSTRASI. Kemkominfo luncurkan aplikasi?Info.go.id


PELAYANAN PUBLIK - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah meluncurkan aplikasi layanan informasi publik info.go.id untuk mempermudah akses dan penyebaran informasi publik. 

Aplikasi yang dirilis pada 23 Agustus 2023 itu mengintegrasikan seluruh aplikasi layanan informasi publik kementerian, lembaga, pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan, saat ini terdapat 27.400 aplikasi milik kementerian dan lembaga hingga ke dinas pemerintah daerah. Dengan jumlah sebanyak itu maka ada potensi saling tumpang tindih. 

"Melalui keberadaan satu aplikasi terintegrasi, efisiensi belanja aplikasi dan pemantauan efektivitas layanan informasi publik secara nasional dapat lebih mudah tercapai,” jelas Budi dalam keterangan resminya, Jumat (25/8).
 
Budi berharap aplikasi info.go.id mampu menjadi one stop service untuk informasi publik sehingga masyarakat tidak perlu repot mencari lokasi informasi di setiap badan publik negara. Akses informasi akan semakin mudah dilakukan secara daring dan lebih relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

Baca Juga: Catat! Beli Elpiji 3 Kg Wajib Pakai KTP per 1 Januari 2024

Namun, ia tak menapik bahwa aplikasi tersebut masih perlu terus dievaluasi dan dikembangkan secara bertahap guna semakin mengoptimalkan manfaatnya.
 
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong mengatakan, informasi publik yang akurat, jelas, dan tepat waktu merupakan kunci dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih partisipatif dan cerdas.

Oleh karena itu, aplikasi info.go.id akan hadir menyediakan berbagai fitur yang akan membantu masyarakat dalam mengakses informasi yang akurat karena bersumber langsung dari badan publik, mulai dari berita terkini, peraturan-peraturan terbaru, acara-acara penting, hingga informasi tentang layanan publik yang ada di sekitar kita.

Sebelum diluncurkan, aplikasi ini sudah melalui tahap pilot project pada 22 Juni lalu yang melibatkan Kemenkominfo, Kemenpora, LKPP, BKKBN, Dinas Kominfo Kota Depok, dan Dinas  Kominfo Kota Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru