Atasi Polusi, Heru Budi Pertimbangkan ASN Pemprov DKI WFH Sampai Masuk Musim Hujan

Senin, 11 September 2023 | 07:03 WIB Sumber: Kompas.com
Atasi Polusi, Heru Budi Pertimbangkan ASN Pemprov DKI WFH Sampai Masuk Musim Hujan

ILUSTRASI. Karyawan Badan Kepegawaian Daerah (PNS-BKD) Pemprov DKI beraktivitas pada hari pertama masuk kerja kebijakan bekerja dari rumah di kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Senin (21/8/2023).


ASN/PNS - JAKARTA. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mempertimbangkan penerapan work from home (WFH) untuk para aparatur sipil negara (ASN) sampai memasuki musim hujan.

Hal itu dipertimbangkan demi mengatasi masalah polusi udara di wilayah DKI Jakarta dengan mengurangi mobilitas ASN yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau sudah menjelang musim hujan kita mungkin sampai dengan September," ujar Heru Budi usai berkunjung ke pemukiman warga Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/9).

Meski begitu, Heru Budi menegaskan bahwa akan terlebih dahulu mengevaluasi pelaksanaan WFH yang telah dijalankan. Dia belum dapat memastikan kapan evaluasi untuk mengetahui efektivitas kebijakan tersebut bakal dilakukan.

Baca Juga: Soal Polusi Udara, Pemerintah Perlu Batasi Kendaraan Pribadi

"Nah nanti kita evaluasi," ujar dia.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi masalah polusi udara. Antara lain, penerapan WFH bagi 50 persen aparatur sipil negara (ASN) dan melakukan razia uji emisi kendaraan bermotor.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan yakni penyiraman jalan dengan water cannon dan menyemprotkan air dari atap gedung tinggi di Ibu Kota. Uji coba penyiraman air dari atap gedung sudah dilakukan di Gedung Pertamina dan Pemprov DKI Jakarta.

Meski demikian, berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, belum ada perbaikan signifikan pada kualitas udara di Ibu Kota.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Atasi Polusi, Heru Budi Pertimbangkan ASN Pemprov DKI WFH Sampai Musim Hujan Tiba.
Penulis: Tria Sutrisna
Editor: Diamanty Meiliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru