Aturan umrah terbaru, usia jamaah bisa hingga 60 tahun

Minggu, 24 Januari 2021 | 10:30 WIB Sumber: Kompas.com
Aturan umrah terbaru, usia jamaah bisa hingga 60 tahun


UMRAH - Jakarta. Kabar gembira untuk kaum muslim di Indonesia. Aturan penyelenggaraan umrah berubah. Pemerintah Arab Saudi mengumumkan adanya aturan baru pada kategori usia bagi jemaah umrah khusus warga negara Indonesia (WNI).

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary menyampaikan, aturan umur bagi jemaah umrah WNI saat ini yakni 18-60 tahun. "Informasi terbaru dari beberapa Muassasah Saudi Arabia menyatakan syarat umur bagi jemaah umrah khusus warga Indonesia menjadi 18-60 tahun," ujar Zaky saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Zaky memaparkan, sebelumnya aturan umur untuk jemaah umrah bagi WNI adalah 18-50 tahun. Adapun perubahan aturan usia jemaah umrah ini disambut baik oleh masyarakat Muslim Indonesia.

Sebab, pendaftar umrah Indonesia sangat banyak yang berumur lebih 50 tahun. "Pendaftar umrah yang berumur 50 tahun sangat banyak," katanya lagi.

Update kegiatan umrah dari Amphuri

Selain itu, Zaky menyampaikan update agenda yang dilakukan Amphuri bersama jemaah umrah lainnya. Pada 5 Januari 2021, Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 6 Tahun 2021 tanggal 5 Januari 2021 tentang Kriteria Hotel dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang mewajibkan WNI Pelaku Perjalanan Luar Negeri untuk karantina selama 5 hari dan tes RT-PCR 2 kali (pada saat kedatangan dan keluar dari karantina hotel).

Kemudian, sebanyak tiga grup umrah berangkat umrah pada tanggal 9 sampai 11 Januari 2021.

Jemaah umrah asal Indonesia melakukan swab test di hotel di Mekkah. Sebelumnya, program ini sudah dijadwalkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa jemaah umrah harus swab test dua hari setelah kedatangannya di Arab Saudi.

Baca juga: Kemenag dukung optimalisasi UKM dalam pemenuhan kebutuhan jemaah haji dan umrah

Editor: Adi Wikanto

Terbaru