HOME

Banjir di jalan raya Bintara Bekasi menjadi tempat warga menjala ikan

Jumat, 19 Februari 2021 | 16:29 WIB Sumber: TribunNews.com
Banjir di jalan raya Bintara Bekasi menjadi tempat warga menjala ikan

ILUSTRASI. Seorang warga menggunakan perahu kano saat banjir

KONTAN.CO.ID - BEKASI. Jalan Raya Bintara yang menjadi akses penghubung ke kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur lumpuh akibat digenangi air setinggi kurang lebih 30 sampai 50 centimeter. Kondisi banjir ini dimanfaatkan sebagian warga untuk menjala ikan, Jumat (19/2/2021).

Tampak air memenuhi permukaan jalan sepanjang 500 meter, arus lalu lintas lumpuh total. Kendaraan kecil memilih memutar arah dan mencari jalur alternatif karena takut terjebak banjir. Namun di tengah banjir yang melanda, tampak puluhan warga sibuk menjala ikan.

Ruas jalan yang diselimuti air tak ubahnya seperti kolam ikan raksasa. Magnet para penjala ikan ini, tidak lain karena keberadaan kolam pemancingan yang ada di sekitar lokasi banjir. Banjir yang melanda kawasan Bintara membuat kolam pemancingan terendam. Ikan yang ada di dalamnya otamatis keluar hingga ke jalan.

Yadi (39), warga penjala ikan ini mengaku, sudah berhasil mendapatkan sekitar tujuh ekor ikan hasil tangkapan di genangan air Jalan Raya Bintara. "Di dekat sini kan ada empang pemancingan, keluar semua ikannya kena banjir, saya warga sini kebetulan," kata Yadi.

Baca Juga: Sebagian Cipinang Melayu kebanjiran Jumat siang, ketinggian air sempat 1,5 meter

Bermodalkan jala yang biasa digunakan untuk memancing ikan di sungai atau laut, warga berlomba-lomba mencari peruntungan di genangan banjir. Yadi mengaku, kondisi ini kerap dilakukan tiap kali banjir melanda. Sebab, ikan yang berasal dari pemancingan bukan ikan sembarangan.

Ukurannya kata dia, cukup besar untuk tiap satu ekornya, hasil menjala dari banjir biasanya dia gunakan untuk konsumsi pribadi atau dibagikan ke tetangga. "Ikan emas, kan hampir setiap tahun kaya begini sering banjir di sini, ikannya lumayan gede-gede karena hobi aja inimah," ucapnya.

Warga penjala ikan kata Yadi, mayoritas warga sekitar. Mereka sudah mengetahui betul dampak banjir di lingkungan tersebut termasuk ikan lepas dari pemancingan. "Warga sini semua rata-rata, paling kalau di jalan udah surut pada pindah nyari ikannya ke dekat sawah, kan di belakang ada sawah," ucapnya.

Menurut dia, kondisi banjir seperti ini biasanya akan surat menjelang malam hari. Itupun jika hujan tidak lagi mengguyur wilayah Kota Bekasi. "Biasanya si malem udah surut, inikan pagi naiknya kalau enggak hujan lagi cepet surutnya, tapi kalau dulu sebelum ada BKT (Banjir Kanal Timur) lama surutnya bisa sehari dua hari," tegasnya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Banjir di Jalan Raya Bintara Bekasi, Jadi Spot Warga untuk Menjala Ikan"

Selanjutnya: Jadetabek dilanda cuaca ekstrem, PLN Disjaya lakukan upaya preventif

 

Editor: Handoyo .
Terbaru