Bantuan pangan di Jatim siap dibagikan pekan ketiga April

Jumat, 10 April 2020 | 07:10 WIB   Reporter: Barly Haliem
Bantuan pangan di Jatim siap dibagikan pekan ketiga April


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan membagikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat ke warga terdampak corona di Jawa Timur pada pekan ketiga April 2020. Jumlah penerima bantuan sosial ini mencapai sekitar 3,7 juta keluarga.

Semula, jumlah penerima bantuan pemerintah pusat di Jatim sekitar 2,7 juta. Jumlah itu kemudian ditambah lagi sekitar 1,02 juta keluarga penerima manfaat. Adapun nilai bantuannya sebesar Rp 200.000 per bulan. 

Baca Juga: Belum ada daerah di Jatim yang mengajukan PSBB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, warga yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan mendapatkan BPNT lebih dulu. Sementara yang non DTKS  masih dituntaskan pembahasannya. 

Baca Juga: Antisipasi pemudik, semua desa di Jatim siapkan layanan observasi mandiri Covid-19

“Distribusinya kemungkinan minggu ketiga atau keempat bulan ini, mengikuti jadwal BPNT Pusat. Penyalurannya menggunakan bank jaringan Himpunan Bank Negara (Himbara),” kata Khofifah dalam pernyataan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (9/4).

Serupa dengan Program Keluarga Harapan (PKH), penerima bantuan perlindungan sosial ini akan mendapatkan akses pemenuhan kebutuhan sembako. Bantuan tersebut disalurkan melalui sejumlah kios bahan pangan yang digandeng oleh jaringan bank anggota Himbara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru