Basarnas Pantau Titik Banjir Jakarta dan Evakuasi Warga

Senin, 10 Oktober 2022 | 09:59 WIB Sumber: Kompas.com
Basarnas Pantau Titik Banjir Jakarta dan Evakuasi Warga

ILUSTRASI. Basarnas Terjunkan Personel Pantau Titik Banjir Jakarta dan Evakuasi Warga. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Basarnas menyiagakan sejumlah personel untuk memantau titik-titik banjir di wilayah DKI Jakarta, Senin (10/10/2022). Hal itu dilakukan seiring dengan naiknya status Bendung Katulampa, Bogor, menjadi siaga 1 pada Minggu (9/10/2022) malam. 

Kenaikan debit air di bendung tersebut berimbas pada terendamnya sejumlah titik di Jakarta pada Senin pagi. 

"Sejak dini hari, personel rescue sudah kami siagakan, seperti di kawasan Jakarta Timur, untuk memantau serta melakukan proses evakuasi apabila diperlukan," ujar Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli dalam keterangannya, Senin. 

Baca Juga: Banjir Jakarta: Cilandak Timur digenangi air 170 cm, Dekat Tol JORR-Antasari-Depok

Menurut Fazzli, pergerakan personel memantau titik-titik banjir sudah dimulai sejak Senin dini hari. Sebab, berdasarkan laporan dan hasil pemantauan, air Kali Ciliwung sudah meluap sejak dini hari dan merendam permukiman warga. 

Sebagai informasi, sebanyak 53 RT di wilayah DKI Jakarta terendam banjir pada Senin pagi. Banjir disebabkan luapan Kali Ciliwung. Data tersebut merupakan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per pukul 06.00 WIB. 

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 33 RT, saat ini menjadi 53 RT atau 0,174 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Senin. 

Baca Juga: BMKG: 8-10 Oktober 2022, 8 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dengan Kategori Siaga

Ketinggian air bervariasi, paling tinggi di Pejaten Timur, Jakarta Selatan, mencapai 3 meter. BPBD menyatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Minggu (9/10/2022) menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi siaga 1 dan Pos Pantau Depok siaga 2. Akibatnya, Kali Ciliwung meluap ke permukiman warga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Basarnas Terjunkan Personel Pantau Titik Banjir Jakarta dan Evakuasi Warga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru