Bertanggungjawab Penuhi Kebutuhan Pangan, Kementan Perkuat Peran Humas

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:46 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Bertanggungjawab Penuhi Kebutuhan Pangan, Kementan Perkuat Peran Humas

ILUSTRASI. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi memberi arahan pada Bertani on Cloud yang diikuti peternak milenial Tapin.


PERTANIAN -  BOGOR. Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas) dituntut mampu membangun kepercayaan publik pada institusi publik, yakni Kementerian Pertanian RI. Humas Kementan harus memastikan publik mengetahui bahwa Kementan melaksanakan tugas pokok dan fungsi memenuhi kebutuhan pangan rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan peningkatan ekspor komoditas pertanian.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pada Workshop Kehumasan BBPPSDMP bertajuk 'Optimizing Communication for Competing in Era Society 5.0' yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/5).

"Kita mampu melaksanakan Tupoksi organisasi, namun informasi tersebut tidak sampai di publik, berarti evidence bagi kita, maka kinerja Humas BPPSDMP Kementan harus ditingkatkan agar mampu melaksanakan tugasnya," kata Dedi Nursyamsi yang didampingi Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah.

Dia menganalogikan tupoksi Humas tak ubahnya 'mata, telinga dan mulut pemerintah' untuk disampaikan kepada publik maupun sebaliknya. Apabila upaya tersebut berjalan harmonis maka pembangunan akan berjalan lancar dan hasilnya signifikan bagi kepentingan rakyat.

Baca Juga: Mentan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman Jelang Idul Adha

"Sebaliknya, apabila hubungan pemerintah dan masyarakat tidak mesra atau disharmoni, betapa pun hebatnya pemerintah, sulit membangun di sektor apa pun di republik ini," katanya seperti dikutip dari siaran pers.

Hal itu sejalan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa Humas saat ini berada pada era yang tidak biasa, semua serba bisa dan semua bisa terjadi.

Dedi Nursyamsi mengingatkan tugas dan peran Pranata Humas dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sangat strategis dan vital bagi pembangunan pertanian, lantaran fungsinya menyampaikan kinerja Kementan bagi pembangunan sektor pangan.

"Perkembangan teknologi informasi begitu pesat. Saya berdiri di sini, bisa saja sudah tersebar ke seluruh dunia melalui media sosial di internet," katanya lagi.

Dia menambahkan Humas pemerintah dituntut untuk lebih kreatif dan aktif dalam melaksanakan perannya dalam mengamankan kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja pemerintah kepada masyarakat. 

Baca Juga: Kasus Penyakit Mulut dan Kuku Semakin Menyebar, Ini Harapan Peternak Sapi dan Kerbau

Sementara Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah menekankan tentang tujuan Workshop Kehumasan, meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi bidang kehumasan dalam rangka desiminasi informasi teknologi pertanian lingkup Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP. 

"Diharapkan melalui Workshop Kehumasan ini peserta dapat mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media massa baik cetak, elektronik, online dan media sosial kekinian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru