BI DKI Jakarta optimis inflasi ibukota pada Agustus 2019 bakal stabil

Kamis, 01 Agustus 2019 | 23:06 WIB   Reporter: Bidara Pink
BI DKI Jakarta optimis inflasi ibukota pada Agustus 2019 bakal stabil


PROYEKSI INFLASI - JAKARTA. Bila melihat dari perkembangan harga di pasar dan juga kebijakan pemerintah, BI DKI Jakarta memperkirakan inflasi ibukota pada Agustus 2019 akan tetap terkendali.

Menurut rilis Bank Indonesia DKI Jakarta, tingkat permintaan masyarakat diproyeksikan tidak akan mengalami peningkatan signifikan karena tidak ada momen tertentu yang mendorong konsumsi.

Baca Juga: Menkeu yakin stabilitas inflasi dan penurunan suku bunga pacu pertumbuhan ekonomi

Di bulan ini juga sudah mulai terjadi penormalan pengeluaran rumah tangga pasca momen tahun ajaran baru. Selain itu, pasokan bahan pokok utama yang terjaga juga menjadi penopang stabilnya inflasi.

Untuk menjaga stabilitas kondisi tersebut, Bank Indonesia akan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah pusat melalui TPID. Forum-forum yang ada juga akan ditingkatkan.

BI DKI Jakarta menganggap sinkronisasi langkah kebijakan dari tingkat pusat hingga daerah dan kerjasama merupakan hal yang penting untuk pengendalian harga. Didukung juga dengan komitmen yang kuat dalam implementasi kebijakan.

Baca Juga: BPS mengaku tren konsumsi di bulan Juli masih oke

Untuk target inflasi Jakarta pada akhir tahun 2019, BI DKI Jakarta menargetkan pencapaian sebesar 3,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru