Bom Bandung, 1 Pelaku Tewas, Densus 88 Bertindak, Polisi Pastikan Situasi Aman

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:53 WIB Sumber: Kompas.com
Bom Bandung, 1 Pelaku Tewas, Densus 88 Bertindak, Polisi Pastikan Situasi Aman

ILUSTRASI. Bom Bandung, 1 Pelaku Tewas, Densus 88 Bertindak, Polisi Pastikan Situasi Aman


KONTAN.CO.ID - Bandung. Bom bunuh diri meledak di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pukul 08.20 WIB. Berikut kronologi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung.

Kapolrestabes Bandung Aswin Sipayung menceritakan kronologi kejadian bom bunuh diri di Polsek Astananyar. Saat itu, sekitar pukul 08.20 WIB, anggota Polsek Astanaanyar sedang melaksanakan apel pagi.

Tiba-tiba ada seseorang laki-laki masuk ke polsek mengacungkan senjata tajam dan menerobos barisan apel pagi. Seketika, anggota polisi di Polsek Astanaanyar pun menghindar.

"Lalu ada ledakan. Sekarang pelaku meninggal dunia di lobi. 3 orang anggota kami mengalami luka luka," ujar Aswin.

Saat ini, ketiga polisi Polsek Astanaanyar yang luka-luka dirawat di RS Sartika Asih, Bandung. Tempat kejadian perkara pun sudah dipasangi garis polisi. "Jalan raya ditutup. Saat ini (kami) sedang menunggu tim jibom dari Kapolda Jabar," ungkap Aswin.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bandung & Karawang Hari Ini 7/12/2022, Cek Syarat Perpanjang SIM

Akibat ledakan tersebut, pintu gerbang dan lokasi apel pagi Polsek Astanaanyar hancur. Namun tidak sampai ke dalam.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait nama pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar.

Astanaanyar adalah salah satu kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat. Astanaanyar adalah daerah yang memiliki situs budaya meliputi Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, yang menyimpan sejarah kehidupan istri kedua mendiang Presiden Sukarno, serta Museum Sri Baduga, yang menaungi koleksi fosil, seni, dan artefak.

Densus 88 selidiki bom Bandung

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri langsung bertindak setelah adanya bom bunuh diri Polsek Astanaanyar, Bandung. Densus 88 akan bekerja cepat dalam mendalami peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astanaanyar tersebut.

 "Densus 88 sedang bekerja cepat mendalami peristiwa ini," ujar Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar saat dimintai konfirmasi, Rabu.

Oleh karenanya, Aswin meminta warga tetap tenang walau telah terjadi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung. "Mohon waktu dan tetap tenang," katanya.

Situasi aman setelah bom Bandung

Mabes Polri menyampaikan bahwa situasi di lokasi dugaan terjadi bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, sudah terkendali. "Disampaikan situasi hingga saat ini terkendali. Dan masyarakat agar tetap tenang karena Polri bekerja dengan cepat dan mengedepankan profesionalitas," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Ramadhan mengungkapkan, Polri menerjunkan tim Jihandak Satbrob Polda Jawa Barat, penyidik Polda Jawa Barat, dan Densus 88 Antiteror Polri ke lokasi kejadian. Polisi juga disebut sedang melakukan sterilisasi dan olah TKP di lokasi bom bunuh diri di Bandung tersebut.

"Yang dilakukan adalah pertama mengamankan lokasi dengan melakukan sterilisasi sebelum dilakukan oleh TKP," kata Ramadhan.

"Yang kedua, melakukan olah TKP di lokasi kejadian dan sekitarnya. Kemudian mengumpulkan keterangan dari para saksi dan penyelidikan lainnya," ujarnya lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri: Situasi di Lokasi Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung Terkendali", "Kronologi Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung, Pelaku Tewas", dan Densus 88: Kami Kerja Cepat Dalami Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru