Bupati Jember sebut prinsip HAM harus sejalan dengan SDG's

Senin, 18 November 2019 | 22:56 WIB   Reporter: Vendi Yhulia Susanto
Bupati Jember sebut prinsip HAM harus sejalan dengan SDG's

Keterangan pers Bupati Jember Faida bersama Komnas HAM


KOMNAS HAM - JAKARTA. Bupati Jember Faida mengatakan, implementasi HAM mesti sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustanaible Development Goals/SDG's). "Prinsip dan model HAM harus disesuaikan dengan SDG's," kata Faida, Senin (18/11).

Faida mengatakan, Pemkab Jember telah melaksanakan HAM ini dengan cukup baik. Hal itu dapat dilihat antara lain, dengan pemberian edukasi terkait pelaksanaan HAM kepada 161 Kepala Desa di Kabupaten Jember, pembentukan satuan tugas (satgas) dhuafa untuk mendata masyarakat kurang mampu yang kelaparan. 

Baca Juga: Kabupaten Jember gelar festival HAM mulai Selasa (19/11) besok

Kemudian, memberikan bantuan ambulans gratis bagi ibu hamil yang hendak melahirkan. Selain itu, ada program bantuan penanganan balita yang stunting, antara lain dengan intervensi pemberian makanan bergizi. Selanjutnya terdapat program pemasangan saluran air bersih gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Tidak hanya itu, Faida mengatakan, pihaknya telah memberikan beasiswa kepada 10.118 mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) bagi mahasiswa yang memiliki KTP Jember.

Baca Juga: Dorong DPK, Bank BTN merelokasi kanwil Jawa Timur

"Anggarannya Rp 118 miliar," ucap dia.

Faida meyakini jika implementasi HAM perlu kerjasama berbagai pihak agar dapat berjalan optimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru