Bus listrik Transjakarta belum bisa angkut penumpang meski sudah ujicoba, kenapa?

Kamis, 14 November 2019 | 21:48 WIB Sumber: Kompas.com
Bus listrik Transjakarta belum bisa angkut penumpang meski sudah ujicoba, kenapa?

ILUSTRASI. Uji coba bus listrik Transjakarta di Jalan MH Thamrin, Jakarta.


TRANSJAKARTA - JAKARTA. Bus listrik transjakarta hingga kini belum bisa mengangkut penumpang. Padahal, tiga bus listrik itu sudah diuji coba sejak beberapa bulan lalu. 

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, operator bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan BYD asal China itu masih mengurus izin tanda pendaftaran tipe ( TPT) di Kementerian Perindustrian. 

Bus-bus itu sebelumnya telah diuji tipe oleh Kementerian Perhubungan. 

"Sekarang di Kementerian Perindustrian, perlu ada izin TPT. Itu ada TPT impor, ada TPT produksi, baik BYD maupun MAB lagi proses itu," ujar Agung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/11). 

Baca Juga: Bahas integrasi pengelolaan transportasi di Jakarta, Erick Tohir temui Anies

Agung menyampaikan, operator bus listrik transjakarta baru bisa mengurus surat tanda nomor kendaraan (STNK) untuk mendapatkan pelat kuning setelah mengantongi izin TPT. 
Agung belum bisa memastikan kapan bus listrik itu bisa mengangkut penumpang. 

"Nanti kalau itu (izin TPT) sudah, mereka bisa ke kepolisian untuk izin STNK. Jadi memang prosesnya panjang," kata dia. 

Selama STNK belum terbit, bus listrik transjakarta hanya bisa beroperasi di jalan tanpa mengangkut penumpang. Uji coba akhirnya dilakukan dengan mengangkut galon air untuk menguji beban penumpang. 

"Sudah (uji coba) di jalan, tapi enggak boleh angkut penumpang. Jadi kami uji coba di jalan, tapi isinya galon air itu," ucap Agung. 

Agung berharap pengoperasian bus listrik dijadikan proyek strategis nasional. Dengan demikian, proses pengurusan izin operasi lebih cepat. 

"Saya inginnya bus listrik ini jadi proyek strategis nasional saja supaya seluruh kementerian mendukung," ujar Agung. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Proses Perizinan Panjang, Bus Listrik Transjakarta Belum Bisa Angkut Penumpang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru