Cara Menghitung Weton, Orang Jawa Perlu Tahu

Senin, 12 Juni 2023 | 13:24 WIB Sumber: Gramedia.com
Cara Menghitung Weton, Orang Jawa Perlu Tahu

ILUSTRASI. Cara Menghitung Weton, Orang Jawa Perlu Tahu


Cara Menghitung Weton - Simak cara menghitung weton dengan mudah. Cara menghitung weton adalah salah satu tradisi budaya masyarakat jawa yang perlu dilestarikan.

Cara menghitung weton penting dikenali oleh masyarakat Jawa. Sejak jaman dahulu, cara menghitung weton selalu digunakan untuk pertimbangan sebelum mengambil keputusan dalam berbagai kegiatan penting.

Cara menghitung weton antara lain digunakan untuk menentukan hari baik pernikahan, kegiatan menentukan hari untuk khitanan, kegiatan untuk menentukan acara kematian, kegiatan menentukan pendirian rumah, dan juga kegiatan untuk menentukan hari baik untuk berpergian.

Dilansir dari Gramedia.com, Masyarakat umum, khususnya Jawa, beranggapan bahwa mereka harus menentukan hari baik terlebih dahulu untuk melaksanakan berbagai kegiatan, misalnya kegiatan pernikahan haruslah ditentukan terlebih dahulu hari baiknya agar calon pasangan yang akan menikah nantinya tidak akan memperoleh kejadian buruk, baik itu sebelum menikah atau setelah menikah.

Masyarakat memandang bahwa kalender Jawa itu memiliki nilai kesakralan. Adapun ciri-ciri kesakralan itu adalah dihormati manusia, menimbulkan rasa takut, dijunjung tinggi, ditandai sifat ambigu, manfaatnya tidak dapat dinalar, memberikan adanya kekuatan, serta menekankan tuntunan dan kewajiban bagi para penganut dan pemujanya.

Baca Juga: Mudah, Inilah 5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online via WhatsApp hingga Aplikasi

Terkait dengan adanya kepercayaan dan juga keyakinan terhadap suatu hal di dalam kalender Jawa, semua itu tergantung dengan pandangan masing-masing individu masyarakat yang menilai. Kami selaku redaktur hanya dapat mengambil sisi positif dari adanya kalender Jawa Islam di dalam kehidupan yang sudah kotemporer ini.

Berbagai tindakan sosial yang dilakukan oleh masyarakat dalam menyirakan adanya kalender Jawa merupakan sebuah folkways (kebiasaan) terkait masalah-masalah di kehidupan sosial, sebuah mores (tata kelakuan) terkait kehidupan sosial, dan juga sebuah tradition (adat).

Lalu bagaimana cara menghitung weton?

Cara menghitung Weton adalah dengan cara menghitung nilai hari lahir seseorang dengan nilai pasaran. Cara menghitung weton dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan hari dan menggunakan bulan.

Cara menghitung weton yang pertama adalah dengan menghitung neptu hari dan pasaran Jawa yang mana masing-masing memiliki nilai pakem tertentu.

Perbedaannya adalah nilai Neptu berdasar pada siklus 7 hari, sedangkan pasaran Jawa berdasar pada siklus 5 hari.

Perlu diketahui bahwa sistem kalender Jawa memiliki 2 siklus pergantian hari yaitu siklus Saptawara yang terdiri dari 7 hari (Ahad sampai Sabtu), dan siklus Pancawara terdiri dari 5 harian pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

neptu Jawa - Cara Menghitung Weton

Pada tabel neptu Jawa tersebut, Anda dapat mencermati bahwa masing-masing hari dan pasaran Jawa memiliki nilai yang berbeda. Cara menghitung weton dalam hal ini dapat dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari hari dan pasaran yang dimiliki di weton kelahirannya.

Contohnya, jika Anda memiliki tanggal lahir pada hari Sabtu dengan pasaran Jawa kliwon, artinya weton Anda adalah Sabtu Kliwon. Untuk menghitung jumlah wetonnya, Anda bisa menjumlahkan nilai 9 (jumlah neptu hari lahir, yaitu Sabtu) dengan nilai 8 (pasaran Jawa kliwon).

Jadi, 9 + 8= 17. Jumlah neptu weton seseorang yang terlahir pada hari Sabtu kliwon adalah 17. Dengan jumlah tersebut, Anda dapat mengetahui watak seseorang, menghitung keberuntungan, cara seseorang meraih kesaksian dan cara menghitung kecocokan pasangan.

Selain menjumlahkan nilai, perhitungan weton Jawa juga bisa dilakukan dengan dasar bulan serta tahun pada kalender Jawa. Sistem perhitungan berbasis Neptu bulan dan tahun digunakan untuk memperkirakan jatuhnya musim hujan, musim tanam, musim kemarau, hama penyakit pada tanaman tertentu, tangkapan ikan, jumlah panen dan lain sebagainya.

Itulah cara menghitung weton. Semoga bermanfaat!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru