Jabodetabek

Cegah lonjakan kasus Covid-19, Anies siapkan dua screening saat arus balik

Sabtu, 15 Mei 2021 | 05:28 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah lonjakan kasus Covid-19, Anies siapkan dua screening saat arus balik

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pergerakan warga yang masuk ke Ibu kota akan diperketat untuk mencegah kenaikan kasus aktif Covid-19 setelah libur Lebaran 2021. 

Sebab, setiap kali ada pergerakan penduduk dalam jumlah besar, maka beberapa pekan setelahnya selalu ada risiko kenaikan jumlah pasien Covid-19. 

"Pertama, akan dilakukan dua langkah pengetatan pemantauan pergerakan penduduk yang masuk Jakarta, yakni, melakukan screening di tiap pintu masuk menuju Jakarta bahkan Jabodetabek,” kata Anies, melalui keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (14/5). 

“Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan screening random bagi mereka yang masuk," tutur dia. 

Anies menjelaskan, metode screening secara acak dengan tes cepat antigen telah dilakukan bagi penumpang kendaraan umum. 

Baca Juga: Kapolda Metro: Kebijakan penyekatan efektif tekan 50% kendaraan yang keluar Jakarta

Setelah itu, pengendalian berlangsung di kawasan lingkungan penduduk untuk mendata warga yang telah memasuki kediaman masing-masing. 

Anies mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan, Babinkamtibmas, dan Babinsa dapat berkoordinasi dalam mendata warga yang masuk ke wilayah terkait. 
"Jadi, mereka akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan, pengecekan kondisinya, serta dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat, tidak bergejala, dan akan dilakukan tes rapid antigen,” kata Anies. 

“Intinya, ini dua lapis untuk screening, satu sebelum masuk, yang kedua ketika sudah sampai di tempat tinggal. Nanti kita akan ada aplikasi khusus yang digunakan oleh para ketua RT/RW untuk mereka melakukan pelaporan dua kali sehari atas kondisi di wilayahnya," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Anies Siapkan Dua Lapis Screening Saat Arus Balik"

Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Kristian Erdianto

Selanjutnya: Anies siap perketat arus balik ke Jakarta di pintu masuk Jakarta hingga Jabodetabek

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru