Dampak Positif Pertanian, Pemkab Tanah Laut Apresiasi Dukungan Kementan

Kamis, 02 Juni 2022 | 20:24 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dampak Positif Pertanian, Pemkab Tanah Laut Apresiasi Dukungan Kementan

ILUSTRASI. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi


PERTANIAN -  TANAH LAUT. Potensi pertanian Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tak perlu diragukan, selain subsektor perkebunan, juga potensi tanaman pangan, hortikultura serta peternakan apabila diolah dengan baik. 

Tingginya potensi sumber daya alam (SDA) yang didukung banyaknya generasi milenial, tentulah sangat tepat upaya Kementerian Pertanian (Kementan) menjadikan Kalsel sebagai salah satu lokasi Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Terdidik sektor Pertanian melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kabupaten Tanah Laut adalah satu dari tiga kabupaten di Kalsel yang menjadi sasaran program regenerasi petani bekerjasama dengan IFAD. 

Luas wilayah 3.631,35 km2, terdiri atas 11 kecamatan dengan 135 desa/kelurahan, dengan 350.007 penduduk, tentunya menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pemerintah pusat maupun daerah. 

Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo mengatakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian tak bisa dilakukan oleh Kementan saja, namun butuh gerakan dari seluruh pihak, utamanya dukungan pemerintah daerah.

Baca Juga: Kementan Berencana Impor 3 Juta Dosis Vaksin PMK dari Prancis

Memastikan Program YESS berjalan lancar, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kalsel, bertemu dengan penyuluh, mobilizer, penerima manfaat Hibah Kompetitif [HK] serta fasilitator muda program YESS di Kabupaten Tanah Laut, Rabu [1/6] seraya mengapresiasi kinerja mereka, utamanya para penerima HK.

“Saya senang melihat perkembangan regenerasi petani di Tanah Laut. Kementan akan terus memfasilitasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM pertanian, khususnya petani milenial melalui pelatihan. Hadirnya program YESS serta program Kementan lainnya jangan disia-siakan, ini peluang baik," katanya dalam siaran pers Kamis (2/6).

Menanggapi kisah sukses Khairul Effendi, salah satu penerima HK 2021, yang tengah melakukan budidaya melon, Dedi Nursyamsi mengingatkan Khairul maupun petani milenial lainnya di seluruh Indonesia, jangan lekas merasa puas dengan hasil yang diperoleh.

“Petani milenial jangan lekas puas. Kalau saat ini memiliki lahan satu hektar, ke depan harus mematok target peningkatan luasan lahan," kata Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, apabila saat ini produktivitasnya 20 ton, maka ke depan, harus upayakan meningkat dua kali lipat. Kalau saat ini fokus mengembangkan budidaya melon, ke depan harus mencoba mengembangkan komoditas pertanian lainnya. 

Baca Juga: Di Tengah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku, Sapimoo Beri Solusi Bagi Peternak

"Orientasinya harus diubah, jangan hanya menghasilkan produk pertanian, juga harus menjadi ladang bisnis, yang menghasilkan cuan,” kata Dedi.

Dalam kesempatan tersebut, hadir 22 penerima bantuan HK lainnya, total HK yang disalurkan mencapai Rp1,79 miliar. Salah satu penerima HK adalah Siti Aisyah, yang berhasil memperluas lahan jagung dari satu hektar menjadi lima hektar setelah menerima bantuan HK dari Program YESS. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru