Depok minta PSBB diperpanjang lagi, ini alasannya...

Selasa, 12 Mei 2020 | 08:28 WIB Sumber: Kompas.com
Depok minta PSBB diperpanjang lagi, ini alasannya...

ILUSTRASI. Petugas memeriksa kendaraan dan membagikan masker kepada pengendara di hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Depok-Bogor, Rabu (15/4/2020). PSBB di Bogor, Depok dan Bekasi berlaku mulai 15 April 2020 selama 14 hari


VIRUS CORONA - DEPOK. Wali Kota Depok Mohammad Idris mengaku telah menyampaikan usulan agar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Belimbing diperpanjang lagi. Usulan itu ia sampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Senin (11/5/2020) kemarin. 

"Perpanjangan PSBB untuk satu kali masa inkubasi (14 hari) mulai tanggal 13 Mei 2020 sampai 26 Mei 2020," kata Idris melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin malam. 

Perpanjangan ini, jelas dia, berkenaan dengan tren ekskalasi kasus Covid-19 di Kota Depok yang masih terus bertambah. Setiap hari, jumlah pasien positif Covid-19 di Depok terus meningkat. Selaras, jumlah pasien sembuh, meninggal, dan suspect yang wafat juga terus bertambah meski tak setiap hari. 

Baca Juga: Bagi warga Depok pengguna KRL, jangan lupa urus surat tugas kantor mulai hari ini

Jumlah kasus orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), serta pasien dalam pengawasan (PDP) pun rata-rata naik terus, walaupun dalam beberapa kesempatan sempat turun sebelum naik lagi keesokan harinya. 

"(Jika dibandingkan dengan) pada masa sebelum PSBB, PSBB I, dan PSBB II, saat ini kasus perkembangan Covid-19 cenderung mengalami penurunan penambahan rata-rata kasus harian," jelas Idris. 

"Namun demikian, masih terjadi penambahan kasus setiap harinya yang disebabkan oleh imported case (kasus dari luar Depok) dan transmisi lokal, serta masih tingginya pergerakan orang," tambah dia. 

Baca Juga: Masyarakat diperbolehkan mudik lokal antar kawasan Jabodetabek saat Lebaran

PSBB di Depok, berbarengan dengan wilayah Bogor Raya dan Bekasi Raya, dimulai tahap pertama pada 15-28 April 2020. PSBB tahap dua diperpanjang pada 29 April 2020 karena kasus Covid-19 terus melonjak, serta menurut jadwal akan berakhir besok, Selasa (12/5/2020). 

Saat ini, tercatat ada 360 pasien positif Covid-19 di Depok. Sebanyak 65 di antaranya sembuh. Namun, Kota Depok mencatat kematian 21 pasien positif dan 60 kematian suspect/PDP Covid-19 hingga hari ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Depok Minta PSBB Diperpanjang Lagi"
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Irfan Maullana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru