Diduga ada potensi tambang gas di Sumenep

Kamis, 01 Desember 2016 | 17:17 WIB Sumber: Antara
Diduga ada potensi tambang gas di Sumenep


SUMENEP. Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep memperkirakan terdapat kawasan mengandung gas di lokasi temuan galian sumur yang mengeluarkan bau karbit dan asap di Desa Gadding, Kecamatan Manding. Namun, temuan ini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk kepastiannya.

"Itu dugaan sementara dan butuh penelitian lebih lanjut oleh pihak berkompeten, yakni Badan Geologi Kementerian ESDM RI," ujar Kepala Kantor ESDM Sumenep, Abdul Kahir, Kamis (1/12).

Temuan ini berawal pada Senin (29/11) dan Selasa (30/11) sore, dua lubang galian sumur di halaman depan rumah warga Dusun Janggerra Timur, Desa Gadding, Sunawi, mengeluarkan bau menyengat seperti karbit dan asap.

"Kami bersama staf sudah ke lokasi dan di dua lubang galian sumur itu memang mengeluarkan sesuatu yang diduga gas," kata Kahir, menerangkan.

Ia menjelaskan, saat ini, pihaknya menyusun surat untuk melaporkan temuan tersebut kepada Bupati Sumenep sekaligus saran untuk mendatangkan tim dari Badan Geologi Kementerian ESDM guna melakukan penelitian di kawasan itu.

Kantor ESDM Sumenep juga meminta para pihak terkait di Kecamatan Manding untuk mensterilkan kawasan tersebut guna menghindari hal-hal tak diinginkan. "Kami berharap kepada warga sekitar untuk tidak bermain api, termasuk menyalakan korek api di sekitar dua lubang galian sumur tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru