Kebijakan

Ditlantas Polda DIY gelar Pembuatan SIM gratis, daftar dulu kesini

Sabtu, 20 Juni 2020 | 06:20 WIB Sumber: Kompas.com
Ditlantas Polda DIY gelar Pembuatan SIM gratis, daftar dulu kesini

ILUSTRASI. SMART SIM -- Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu linta

KONTAN.CO.ID - Yogyakarta. Program pembuatan SIM gratis dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 mulai dilaksanakan Ditlantas Polda Daerah Istimewa (DIY). Namun pembuatan SIM gratis ini dengan berbagai syarat tertentu. Selain itu, pembuatan SIM gratis tersebut juga hanya berlaku bagi warga yang lahir pada 1 Juli saja. 

Dengan program pembuatan SIM gratis ini, maka pemohon yang ingin membuat SIM baru tidak akan dikenakan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).  Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016, Biaya PNBP pembuatan SIM A Rp 120.000, untuk SIM C Rp 100.000 sedangkan untuk biaya SIM D Rp 50.000.

Pemohon pembuatan SIM gratis tersebut harus tetap membayar biaya lain-lain, seperti KIR dokter dll.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, pelaksanaan pembuatan SIM gratis akan diadakan serentak pada 1 Juli di wilayah DIY. Dia mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh masyarakat.

Baca Juga: 4 KRI siaga di perairan Natuna, antisipasi perang AS vs China

“Pada Hari Bhayangkara ke-74 kami memberikan penghargaan kepada masyarakat dengan mengadakan program SIM gratis,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020). 

Untuk pemohon yang ingin membuat SIM baru gratis dan memenuhi kriteria lahir pada 1 Juli, bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Registrasi bisa dilakukan di kantor Satpas di setiap Polres yang ada di wilayah DIY. 

Baca Juga: Sepeda Kruez, tiruan Brompton tapi dibuat di Bandung

“Untuk pendaftaran pemohon SIM gratis sudah dibuka, dan pemohon bisa mendaftar di Satpas Polres terdekat di wilayah DIY,” ucapnya. 

Polda DIY melaksanakan program pembuatan SIM gratis secara serentak di semua wilayah kepolisian resort (Polres) yakni Polres Bantul, Polres Gunungkidul, Polres Sleman, Polresta Yogyakarta, dan Polres Kulonprogo.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru