DKI Jakarta Berpotensi Masuk PPKM Level 3, Ini Alasannya

Senin, 24 Januari 2022 | 14:19 WIB Sumber: Kompas.com
DKI Jakarta Berpotensi Masuk PPKM Level 3, Ini Alasannya

ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. DKI Jakarta Berpotensi Masuk PPKM Level 3, Ini Alasannya.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta berpotensi masuk level 3. 

"Teater perang pandemi yang terjadi di DKI Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi tersebut masuk ke dalam (PPKM) Level 3," kata dia melalui keterangan pers virtual terkait Evaluasi PPKM, Senin (24/1/2022). 

Luhut menyebutkan, keputusan terkait level PPKM akan termuat di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan terbit pada hari ini. 

Baca Juga: Menko Luhut Pandjaitan: Sekolah Tatap Muka Tetap Dilaksanakan 100%

Selain itu, Luhut juga mengatakan dalam melakukan asesmen level PPKM pemerintah memperlakukan DKI Jakarta sebagai satu kesatuan dengan wilayah Aglomerasi Jabodetabek. 

"Secara aglomerasi, Jabodetabek saat ini masih pada level 2. Rincian terkait level PPKM dapat dilihat pada Inmendagri yang akan terbit hari ini," ucapnya. 

Dari sisi level PPKM, terjadi peningkatan jumlah kabupaten dan kota yang masuk ke level 1. Sementara itu, berdasarkan data dari Google Mobility pada pekan ini, mulai terdapat tren penurunan mobilitas di Jawa dan Bali. 

Menurut Luhut, penurunan mobilitas di wilayah Jawa dan Bali kemungkinan akibat masyarakat mulai waspada terhadap gejala yang ditimbulkan oleh varian Omicron. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik, PPKM Jawa-Bali Berakhir Hari Ini, Apakah Akan Diperketat?

"Pemerintah dalam hal ini mengapresiasi langkah seluruh masyarakat yang mulai awas akan dampak Omicron ini dan mendorong masyarakat lainnya untuk juga mengurangi aktivitas luar ruang yang tidak diperlukan," ucapnya. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru