DKI Jakarta siapkan subsidi air bersih Rp 33,68 miliar bagi masyarakat menengah bawah

Senin, 30 Agustus 2021 | 15:31 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
DKI Jakarta siapkan subsidi air bersih Rp 33,68 miliar bagi masyarakat menengah bawah

ILUSTRASI. Karyawan memeriksa kesiapan mobil tangki PAM Jaya untuk distribusi air bersih. DKI Jakarta siapkan subsidi air bersih Rp 33,68 miliar bagi masyarakat menengah bawah. (Foto/ PAM Jaya)


Subsidi air bersih - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyalurkan subsidi air bersih senilai Rp 33,68 miliar.

Subsidi air bersih ini akan disalurkan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) bagi pelanggan air bersih yang dilayani oleh PAM Jaya.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajukan anggaran subsidi penggunaan air bersih sebesar Rp 33,68 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2021 dan APBD 2022 mendatang.

Kebijakan subsidi air bersih kepada pelanggan PAM Jaya ini akan diberikan kepada masyarakat dengan tujuan memberikan kesetaraan kesejahteraan masyarakat dalam pelayanan air bersih di daratan Jakarta maupun di Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Indikator kesehatan pembukaan sekolah tatap muka di Jakarta hari ini Senin (30/8)

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, di Kantor Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, pada Senin (30/8) menjelaskan, subsidi air bersih atas pelayanan air bersih di Provinsi DKI Jakarta ini akan menggunakan perhitungan selisih antara tarif air bersih berdasarkan 'pemulihan biaya penuh' (full cost recovery) dengan tarif air bersih yang dikenakan kepada masyarakat untuk pemenuhan standar pelayanan minimal.

Menurut Yusmada sebelum mendapatkan subsidi air bersih, warga Jakarta pelanggan layanan air bersih PAM Jaya dikenakan tarif Rp 32.000/m³. 

Setelah mendapatkan subsidi air bersih, tarifnya turun menjadi Rp 3.550/m³ untuk golongan pelanggan rumah tangga sederhana.

Hanya saja subsidi air bersih ini tidak berlaku bagi semua pelanggan PAM Jaya.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru