Indikator kesehatan pembukaan sekolah tatap muka di Jakarta hari ini Senin (30/8)

Senin, 30 Agustus 2021 | 07:04 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Indikator kesehatan pembukaan sekolah tatap muka di Jakarta hari ini Senin (30/8)

ILUSTRASI. Nahdiana, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Senin (29/6). Indikator kesehatan kasus corona di Jakarta sudah cukup aman untuk membuka sekolah tatap muka.


KESEHATAN -  JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini Senin 30 Agustus 2021 mulai membuka sekolah tatap muka secara terbatas di 610 sekolah.

Pembukaan sekolah tatap muka secara secara terbatas ini, dengan mempertimbangkan beberapa aspek kesehatan terutama perkebangan kasus corona di Jakarta.

Data kasus corona di Jakarta yang menjadi pertimbangan pembukaan sekolah tatap muka diantaranya adalah tingkat posifity rate.

Baca Juga: Hari Senin (30/8) ini sekolah tatap muka dibuka, berikut data corona di Jakarta

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, tingkat positivity rate corona di Jakarta pada Minggu (29/8) kemarin sudah cukup rendah sehingga bisa menjadi pertimbangan pembukaan sekolah tatap muka di Jakarta.

"Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 5%,"  kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia dalam pernyataan tertulis Minggu (29/8).

Angka positivity rate corona di Jakarta ini lebih rendah dibandingkan dengan sedangkan persentase kasus positif secara nasional total sebesar 14,8%. 

Tingkat positivity rate corona di Jakarta ini juga masuk kategori aman, jika dibandingkan dengan standar WHO yang menetapkan standar persentase kasus positif di suatu wilayah disebut aman apabila tidak lebih dari 5%.

Sebelumnya Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban, menyatakan beberapa syarat pembukaan sekolah tatap muka di banyak negara adalah tergantung kepada tingkat positivity rate. 

"Kalau positivity rate di bawah 3% amat sangat aman; positivity rate di bawah 5% aman; positivity rate di atas 5% tapi di bawah 10% agak aman; sedangkan bila positivity rate di atas 10% tidak aman, sekolah jangan dibuka sama sekali," katanya.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru