kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,11   9,81   1.45%
  • EMAS918.000 0,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Dorong pariwisata Labuan Bajo, Kemenhub minta keselamatan dan kebersihan dijaga


Jumat, 20 September 2019 / 18:45 WIB
Dorong pariwisata Labuan Bajo, Kemenhub minta keselamatan dan kebersihan dijaga
Pejabat Pemeriksa Kapal Kemenhub melakukan pemeriksaan mesin di kapal

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - LABUAN BAJO. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Hubungan Laut meminta seluruh stakeholder di bidang pelayaran untuk menjaga keselamatan penumpang dan kebersihan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus Purnomo berharap, dengan kebersihan yang terjaga dan minimnya kecelakaan di sektor kelautan, maka jumlah wisatawan akan terus meningkat.

Baca Juga: Kemenhub akan bangun pelabuhan kargo di Labuan Bajo

"Kalau destinasi wisata tidak menjaga aspek keselamatan akan sangat merugikan kita. Destinasi wisata yang terkait dengan laut harus semangat mengkampanyekan ini. Program kebersihan juga harus kita kampanyekan di seluruh daerah wisata. Diharapkan, peningkatan wisatawan domestik dan asing bisa terjadi dalam waktu singkat, tutur Agus, Jumat (20/9).

Agus mengatakan, Labuan Bajo merupakan 10 destinasi wisata prioritas yang terus dipromosikan pemerintah. Melihat itu, maka menurutnya pusat perekonomian masyarakat akan didorong dari wisata. Karena itu dia berharap wisata dikembangkan mulai dari menjaga kebersihan dan keselamatan.

"Bayangkan kalau wisatawan berkurang bagaimana. Jadi kita harus mengkampanyekan kebersihan dan keselamatan agar terus terjadi peningkatan wisatawan," tambahnya.

Baca Juga: Jangan lewatkan! Kompas Travel Fair 2019 hadir 20-22 September serentak di 4 kota

Tahun depan, Labuan Bajo masuk dalam daftar destinasi pariwisata super prioritas yang mendapat dukungan Kemenhub. Total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 435,37 miliar.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun dan merehabilitasi Pelabuhan Labuan Bajo. Selanjutnya untuk penyiapan lahan perpanjangan landas pacu, biaya subsidi operasional angkutan antarmoda, membangun fasilitas integrasi angkutan jalan dan pengadaan 2 unit kapal bottom glass.




TERBARU

Close [X]
×