DPRD Akan Gelar Rapimgab Bahas 3 Nama Calon PJ Gubernur DKI pada Pekan Depan

Jumat, 09 September 2022 | 19:26 WIB Sumber: Kompas.com
DPRD Akan Gelar Rapimgab Bahas 3 Nama Calon PJ Gubernur DKI pada Pekan Depan

ILUSTRASI. DPRD DKI Jakarta akan segera membahas tiga nama yang diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan segera membahas tiga nama yang diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pembahasan itu akan dimulai pekan depan dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). 

"Saya akan panggil Sekwan (Sekretaris DPRD) dulu untuk dijadwalkan," kata Prasetyo dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022). 

Prasetyo menjelaskan, mekanisme Rapimgab menjadi salah satu syarat untuk menjunjung tinggi asas kolektif kolegial yang ada di DPRD DKI Jakarta. Tentu utamanya dalam memilih usulan nama Pj Gubernur yang nantinya akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. 

"Seperti itu, intinya pekan depan (Rapimgab), bisa sebelum atau sesudah paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur," ujar dia. 

Baca Juga: Pengganti Anies-Reza, DPRD DKI Segera Kerucutkan Kandidat dari 9 Fraksi

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menyebutkan, Kemendagri telah secara resmi menyurati DPRD DKI Jakarta soal kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta. Penjabat tersebut akan menggantikan Anies Baswedan yang habis masa jabatan pada Oktober ini. Ia bakal mengisi kursi gubernur hingga 2024. 

"Sekali lagi, untuk DKI, sekarang tahapannya kami sudah berkirim surat kepada DPRD DKI. Kemarin saya tanda tangani," ujar Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI dan badan-badan penyelenggara pemilu, Rabu (31/8/2022). 

"Dari Kemendagri nanti juga akan melihat mungkin tiga nama lagi (yaitu) tiga nama dari DPRD," lanjut dia. 

Permintaan usulan tiga nama dari DPRD provinsi merupakan mekanisme yang sekarang ditempuh oleh Kemendagri dalam rangka penunjukan pj gubernur. Di samping tiga nama dari DPRD provinsi, Kemendagri juga akan menyiapkan usulan tiga nama. 

Baca Juga: Anies Tawarkan Proyek di Ujung Masa Jabatan

Total enam nama ini bakal diusulkan dalam forum pra-TPA (tim penilai akhir) di mana para kandidat itu akan dicek riwayat dan rekam jejaknya oleh lintas kementerian dan lembaga, seperti PPATK, KPK, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pekan Depan, DPRD Akan Gelar Rapimgab Bahas 3 Nama Calon PJ Gubernur DKI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru