Dua wilayah di Jakarta Utara ini juga akan digusur

Kamis, 31 Maret 2016 | 13:45 WIB Sumber: Kompas.com
Dua wilayah di Jakarta Utara ini juga akan digusur


Jakarta. Selain Luar Batang, ada dua kawasan lain di Jakarta Utara yang rencananya juga akan digusur karena terkena dampak dari rencana pembangun tanggul laut. Dua kawasan itu, yakni Kamal Muara dan Kali Blencong di Marunda.

Seperti di Luar Batang, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, penggusuran Kamal Muara dan Kali Blencong juga akan dilakukan terhadap seluruh bangunan liar yang berdiri di kedua lokasi tersebut. "Saat ini untuk Kamal Muara ada 150 bangunan, Kali Blencong 5 bangunan," kata Teguh di Balai Kota, Kamis (31/3/2016).

Menurut Teguh, penggusuran terhadap kawasan Kamal Muara dan Kali Blencong di Marunda akan dilakukan setelah selesainya penggusuran di Luar Batang yang dijadwalkan akan dilakukan 9-15 April. Seperti di Luar Batang, Teguh mengatakan, setelah digusur, di Kamal Muara dan Kali Blencong juga akan dibangun tanggul laut.

Untuk Kamal Muara akan dibangun tanggul laut dengan panjang 1 kilometer, sedangkan panjang tanggul laut di Kali Blencong akan mencapai 1,2 kilometer. "Pembangunan tanggul ini untuk langkah antisipasi ancaman air rob," ujar Teguh.

(Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru