El Nino Berdampak pada Berkurangnya Curah Hujan, Kapan Musim Kemarau 2023 Datang?

Jumat, 09 Juni 2023 | 04:30 WIB Sumber: Kompas.com
El Nino Berdampak pada Berkurangnya Curah Hujan, Kapan Musim Kemarau 2023 Datang?


DAMPAK EL NINO - Indonesia perlu lebih mewaspadai potensi dampak El Nino. Peringatan tersebut dikeluarkan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. 

Untuk diketahui, El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. 

“ENSO (El Nino-Southern Oscillation) netral diprediksi mulai beralih menuju fase El Nino pada periode Juni 2023 dan diprediksi akan berlangsung dengan intensitas lemah hingga moderat,” ucap Dwikorita melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (8/6/2023). 

Selain itu, ia mengatakan, juga terdapat gangguan iklim dari Samudra Hindia berupa Indian Ocean Dipole (IOD) yang diprediksi berpeluang akan beralih menuju fase positif mulai Juni 2023, IOD sebelumnya berada pada fase Netral selama Maret-April. 

Lantas apa saja dampak El Nino di Indonesia? 

Baca Juga: Apa Itu El Nino dan Dampak yang Ditimbulkannya bagi Indonesia

Dampak El Nino di Indonesia 

Dwikorita menerangkan, kombinasi dari fenomena El Nino dan IOD Positif tersebut dapat berdampak pada berkurangnya curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia selama periode musim kemarau 2023. 

“Bahkan sebagian wilayah diprediksi akan mengalami curah hujan dengan kategori Bawah Normal (lebih kering dari kondisi normalnya) hingga mencapai hanya 20 mm per bulan dan beberapa wilayah mengalami kondisi tidak ada hujan sama sekali (0 mm/bulan),” terangnya. 

Lebih lanjut, Dwikorita menambahkan perlunya lebih menggalakkan upaya pencegahan dan mensiagakan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan guna mengantisipasi meningkatnya potensi karhutla, terutama wilayah atau provinsi yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"BMKG sendiri terus melakukan pemantauan untuk mendeteksi titik panas atau hotspot menggunakan satelit. Jika BMKG mendeteksi potensi karhutla maka secara resmi BMKG akan mengeluarkan peringatan dini,” jelasnya. 

Baca Juga: Ada Fenomena El Nino, Ini 8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Musim Kemarau

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru