Fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus menghiasi langit malam

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:43 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus menghiasi langit malam

ILUSTRASI. Fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus menghiasi langit malam. ILUSTRASI: Planet Saturnus

KONTAN.CO.ID - Fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus menghiasi langit malam hingga akhir pekan ini. Planet dan bulan tersebut akan terlihat bersinar di langit malam hingga 16 Oktober mendatang.

Bila Anda penggemar astronomi, sepertinya tidak boleh melewatkan fenomena yang bakal terjadi hingga akhir pekan ini. Fenomena yang dikenal sebagai konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus akan terlihat bersinar di langit malam sampai akhir pekan ini.

Mengutip dari situs resmi Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN), konjungsi planet sendiri merupakan suatu fenomena di mana planet berada dalam psisi yang berdekatan atau berpapasan. Sehingga dapat diartikan bahwa konjungsi planet adalah keadaan di mana Bumi dan planet lain berada dalam suatu garis lurus. 

Dalam hal ini, konjungsi tripel menyoroti bahwa Bulan, Jupiter dan Saturnus berdekatan.

Baca Juga: Ilmuwan mendeteksi sinyal radio misterius di dekat pusat Galaksi, objek apa itu?

Konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus

Menurut informasi yang dibagikan lewat akun Instagram resmi LAPAN (@lapan_ri), fenomena ini berlangsung sejak 13 hingga 16 Oktober mendatang. Kabar baiknya, fenomena ini dapat Anda saksikan sejak 20 menit setelah terbenam matahari dari arah timur-tenggara hingga pukul 00.45 waktu setempat dari arah barat-barat daya.

Sementara itu, Bulan, Jupiter, dan Saturnus akan sedikit lebih dekat pada malam 14 dan 15 Oktober, membuat segitiga kecil di langit. Menurut laporan EarthSky, pada 14 Oktober, bulan berada di antara dan di bawah dua planet, sedekat empat derajat ke Saturnus.

Fenomena ini dapat dilihat di langit selatan tepat setelah matahari terbenam. Saat kecerahan matahari mulai meredup, Saturnus dan Jupiter akan mudah dilihat. 

Selain fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus, bintang yang terkenal akan terangnya juga akan bergabung menghiasi langit malam.

Menurut laporan Thrillist, Venus dan Antares hampir berada di atas satu sama lain. Venus tidak bersinar terang saat ini, tetapi masih terlihat.

Dalam laporan Earthsky, Antares akan jatuh di bawah cakrawala untuk musim ini, tidak lama setelah fenomena konjungsi tripel Bulan, Jupiter, Saturnus. Sayangnya Antares tidak akan terlihat lagi selama berbulan-bulan di masa yang akan datang.

Apakah Anda sudah siap menyaksikan fenomena astronomi yang menghiasi langit malam akhir pekan ini? Pastikan Anda menuju ke lokasi yang minim polusi cahaya supaya dapat menyaksikan fenomena tersebut dengan mudah.

Selanjutnya: Ngeri! Meteroit jatuh tepat di samping tempat tidur wanita ini, beruntung selamat

Editor: Arif Budianto
Terbaru