Fenomena langka, ribuan kerang ditemukan terdampar di pantai

Jumat, 04 Januari 2019 | 13:05 WIB Sumber: Kompas.com
Fenomena langka, ribuan kerang ditemukan terdampar di pantai


WISATA - KENDAL.  Warga Kendal, Jawa Tengah, berbondong-bondong menuju obyek wisata Sendang Sikucing Rowosari. Mereka bukannya berwisata menikmati pemandangan laut, melainkan mencari kerang. Hampir sepekan ini banyak kerang terdampar di pinggir pantai Sendang Sikucing. Penyebabnya, karena tingginya gelombang ombak yang mencapai 3-4 meter.

Menurut salah seorang warga yang ikut mencari kerang, Fajar (24), sudah sekitar empat hari ini dirinya mencari kerang di Sendang Sikucing. Sekali mencari, ia bisa mendapat empat karung. “Tinggal memungut saja. Kerang-kerang itu berada di pinggir. Kalau ingin kerang segar, ya, saya mencebur ke pantai yang kedalamannya hanya 25 centimeter,” kata Fajar, Jumat (4/1).

Warga Gempolsewu Kendal tersebut menambahkan, ribuan kerang ini baru muncul beberapa hari ini. Biasanya, tidak ada. “Kerang hasil mencari di pantai ini, selain saya konsumsi sendiri , saya jual,” ujarnya.

Senada dengan Fajar, Mardiyanto (35), warga Rowosari mengaku senang dengan banyaknya kerang di pantai. Sebab, bisa dengan mudah mengambil kerang tanpa harus menceburkan diri ke pinggir laut. Mardiyanto, yang berprofesi sebagai nelayan, menambahkan, saat ini dirinya tidak berani mencari ikan di tengah laut karena ombak yang tinggi.

“Alhamdulillah, Gusti Allah memberi rezeki dalam bentuk lain. Tidak ikan, melainkan kerang,” ujarnya.

Fenomena langka terkait dengan hal itu, petugas pantai Sendang Sikucing, Trimo Muncul (46) mengatakan sudah sekitar sepekan ini, warga mendatangi pantai Sendang Sikucing. Mereka mencari kerang yang terdampar di pantai. “Ini fenomena alam. Peristiwa seperti ini, terjadi setiap delapan tahun hingga 10 tahun sekali. Tapi saat ini yang terbanyak,” ujarnya.

Menurut Trimo, banyaknya kerang ini juga membuat para wisatawan senang. Sebab mereka bisa memunguti kerang dengan mudah. “Ini sensasi tersendiri,” tambahnya.
Trimo, menjelaskan adanya tsunami di beberapa daerah lain menyebabkan pengunjung tempat wisata pantai seperti Sendang Sikucing ini sepi. Namun hampir sepekan ini, menjadi sedikit ramai karena banyaknya kerang yang terdampar di pinggir pantai. (Slamet Priyatin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul  Fenomena Langka, Ribuan Kerang Terdampar di Pantai Sendang Sikucing Akibat Gelombang Tinggi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru