Fokus menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mundur sebagai Presiden Inter Milan

Minggu, 28 Oktober 2018 | 10:18 WIB Sumber: Kompas.com
Fokus menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mundur sebagai Presiden Inter Milan

ILUSTRASI. Erick Thohir


POLITIK - SURABAYA. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019, Erick Thohir, mengumumkan diri mundur sebagai presiden klub sepak bola Inter Milan. 

Presiden Inter Milan yang mulanya dijabat Erick Thohir kini berganti ke tangan Zhang Kangyang atau Steven Zhang, sebagai presiden baru klub berjulukan Nerazzurri itu. 

Erick Thohir mengaku, dia mengundurkan diri karena ingin fokus menjalankan tugas sebagai Ketua TKN pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 
"Saya mengundurkan diri sebagai presiden sepak bola Inter Milan. Karena (jabatan ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin) ini amanah yang diserahkan partai koalisi, oleh Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin kepada saya," ucap Erick Tohir, di Surabaya, Sabtu (27/10). 

Selain melepas jabatan Presiden Inter Milan, sebelumnya Erick mengaku juga mengundurkan diri di beberapa perusahaan lain. Alasannya, saat itu Erick dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018. 
"Kembali ketika saya diberikan tugas, pada saat itu bukan politik, harus mengurus Asian Games, mau tidak mau saya juga mengundurkan diri di banyak perusahaan saya," tutur dia. 

Dengan keputusan yang cukup berani itu, menurut Thohir, banyak staf profesionalnya yang mempertanyakan. 
"Profesional saya mempertanyakan, 'waduh ini mundur beneran?' Saya jawab, iya beneran, karena memang 2 tahun 3 bulan mempersiapkan Asian Games. Sangat berat kalau tidak fokus," kata dia. 

Erick menambahkan, Inter Milan akan jauh lebih bagus di tangan Steven Zhang yang merupakan Presiden Inter Milan ke-21 saat ini. 

Dia mengaku, masih memiliki saham minoritas di Inter Milan, meski saat ini tak lagi banyak terlibat dalam operasional klub. 

Erick juga tercatat memiliki kaitan dengan klub olahraga lain, seperti klub sepak bola DC United dan klub bola basket Satria Muda. 

"Saya masih punya saham, tapi ya kita berikanlah, apalagi kan kebetulan Steven juga masih muda, umurnya 27 tahun, baguslah, kita dorong anak-anak muda," terang Thohir. (Kontributor Surabaya, Ghinan Salman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Ingin Fokus Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir Mundur sebagai Presiden Inter Milan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru