Ganjar-Mahfud Ditargetkan Menang 82% di Mataraman Jawa Timur

Sabtu, 16 Desember 2023 | 21:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ganjar-Mahfud Ditargetkan Menang 82% di Mataraman Jawa Timur

ILUSTRASI. Pasangan calon presiden-cawapres?Ganjar Pranowo-Mahfud MD memasuki arena debat pertama calon presiden untuk Pemilu 2024 di KPU RI, Jakarta pada Selasa (12/12/2023).


PEMILU 2024 -  BLITAR. Ketua Bidang Kesehatan dan Anak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sri Rahayu menegaskan bahwa PDI-P menargetkan kemenangan 82$ pasangan Ganjar-Mahfud di wilayah Mataraman, Jawa Timur. 

Target itu merupakan angka kemenangan di wilayah Mataraman, Jawa Timur, yang didapat pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden Tahun 2019. 

Wilayah Mataraman merupakan daerah bekas wilayah Karesidenan Madiun, Kediri, dan Bojonegoro, dengan porsi pemilih sekitar 34,62% di Jawa Timur. 

Baca Juga: Caleg PDI-P Wajib Menangkan Ganjar-Mahfud, Ada Sanksi dari Partai

“Target menang. Tidak boleh kurang dari kemenangan Pilpres 2019, 82%, di sini. Tertinggi,” ujar Sri kepada wartawan usai memberikan pembekalan kepada kader dan caleg PDI-P di Blitar, Sabtu (16/12/2023). 

Sri tidak menjawab dengan jelas saat ditanya anjloknya elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Timur menurut survei Litbang Kompas bulan Desember yang baru saja dirilis. 

Berdasaran survei tersebut, elektabilitas Ganjar-Mahfud di Jawa Timur hanya 18,6%, merosot drastis dibandingkan elektabilitas pada survei Agustus 2023 sebesar 41,1%. 

Di sisi lain, pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas 40,9% atau melonjak dari survei Agustus 2023 sebesar 28,2%. 

Baca Juga: Ganjar Tegaskan Ia dan Mahfud MD Tak Punya Beban Masa Lalu

Menurut hasil survei yang sama, elektabilitas pasangan Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar relatif stagnan, yakni 10%, turun tipis dari survei Agustus 2023 sebesar 10,9%. 

“Survei kan macam-macam. Ada yang gini gitu. Boleh saja lihat survei, tapi kita tetap semangat, tetap berjuang. Di Mataraman harus tetap menang,” ujar Sri. 

Sri menolak menjawab saat ditanya bagaimana cara mempertahankan kemenangan 82% bagi Ganjar-Mahfud di wilayah Mataraman, Jawa Timur.

“Kalau caranya tak kasih tahu sampean ya piye (saya kasih tahu kamu, ya gimana). Ya mestinya cara kita lah,” ujar anggota DPR RI dari Dapil VI Jawa Timur itu. 

Sri juga mengklaim bahwa kondisi kader dan simpatisan PDI-P di tingkat bawah tetap solid meskipun semangat mereka naik turun. 

Baca Juga: Capres Nomor 3 Ganjar Jalan-Jalan di Mal Grand Indonesia di Akhir Pekan

“Kondisi di lapangan baik-baik saja, tetap semangat. Ya ada ‘up and down’, ada. Tapi harus tetap semangat,” ujarnya. 

Wilayah Mataraman Jawa Timur juga merupakan daerah bekas wilayah Kesultanan Mataram. Wilayah Mataraman terdiri dari Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Ponorogo, Kediri, Blitar, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, dan bagian barat Lamongan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Targetkan Ganjar-Mahfud Menang 82 Persen di Mataraman Jawa Timur"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru