Gapki Kalimantan Barat salurkan 10.000 paket bantuan ke korban banjir Sintang

Selasa, 16 November 2021 | 14:36 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Gapki Kalimantan Barat salurkan 10.000 paket bantuan ke korban banjir Sintang

ILUSTRASI. Suasana rumah sakit umum yang terendam banjir di kawasan Lintas Melawi di Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). Gapki Kalimantan Barat salurkan 10.000 paket bantuan ke korban banjir Sintang.


BANJIR -  JAKARTA. Ketua  Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalimantan Barat, Purwati Munawir memastikan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki komitmen kuat untuk membantu para korban banjir di Sintang.

Bahkan, hingga kini, perusahaan perkebunan sawit anggota Gapki telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket bantuan kepada masyarakat terdampak banjir. 

“Pada prinsipnya seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit sangat mendukung berbagai upaya Pemprov Kalbar terutama terkait penanganan bencana dan hal ini sudah berlangsung lama,” kata Purwati dalam keterangannya, Selasa (16/11).

Purwati memastikan, hingga saat ini, sebanyak 25 perusahaan perkebunan sawit anggota Gapki telah menyalurkan lebih 10.000 paket bantuan sembako.

Baca Juga: Ini lokasi yang masih tergenang banjir di Jakarta hingga Senin Pagi

Bahkan pada tahap berikutnya, Gapki masih akan menyalurkan lagi bantuan sekitar 10.000 paket secara bertahap di 6 kabupaten, Sanggau, Sekadau Melawi, Sintang, Kapuas Hulu dan Ketapang.

”Bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir itu merupakan bentuk kepedulian Gapki dan dukungan terhadap Pemprov Kalbar dan masyarakat,” tambahnya.

Menurut Purwati, sejak awal banjir terjadi, perusahaan sangat peduli dan siaga untuk membantu masyarakat terdampak.  Perkebunan sawit PT Bumi Pratama Khatulistiwa misalnya dengan sigap langsung mengirimkan 450 box minyak goreng. Bantuan itu diserah terimakan di Pendopo Gubernur, beberapa waktu lalu.

"Gapki Kalbar juga bergerak cepat dengan menyalurkan 2.000 paket sembako. Bantuan paket sembako juga disalurkan PTPN XIII,” katanya.

Baca Juga: 7 Kampung tematik di Kota Malang terdampak banjir bandang Sungai Brantas

Langkah serupa dilakukan perusahaan perkebunan yang berada tidak jauh berada dari lokasi bencana. PT Parna Agromas, misalnya dengan sigap menyiapkan bantuan berupa sembako bagi masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru