Gelar Gerebek Lumpur, Anies Baswedan: Upaya tingkatkan daya tampung air di kali

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 20:05 WIB Sumber: Kompas.com
Gelar Gerebek Lumpur, Anies Baswedan: Upaya tingkatkan daya tampung air di kali

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan Gerebek Lumpur merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Gerebek Lumpur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan menggunakan alat berat secara masif dan serentak di lima wilayah Kota Jakarta. 

"Kegiatan ini telah dimulai sejak 24 Maret 2021 di wilayah Jakarta Timur, dan dilanjutkan empat wilayah kota lainnya secara bertahap mulai September hingga Desember 2021," kata Anies melalui akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, Sabtu (2/10/2021). 

Lanjut dia, dalam kegiatan ini, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan 408 personel dari lima wilayah kota, dilengkapi 46 alat berat excavator amphibi dan 123 dump truck. Ia mengatakan, Grebek Lumpur merupakan upaya meningkatkan daya tampung sungai di musim penghujan. 

Baca Juga: Anies instruksikan banjir Jakarta surut kurang dari 6 jam

"Pengerukan sedimen lumpur dan sampah ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan volume tampungan air di kali atau sungai pada saat musim hujan, serta melancarkan aliran air yang tersumbat sampah," kata Anies. 

Meski terus dilakukan normalisasi sungai, ia mengingatkan tetap perlu peran dan kerja sama warga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya. "Serta menjaga kebersihan lingkungan, untuk mencegah terjadinya genangan saat musim penghujan," kata dia. 

Baca Juga: Mengembangkan ekosistem startup di Jakarta, Anies Baswedan gandeng Pemerintah Berlin

Penulis : Mita Amalia Hapsari
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Gerebek Lumpur Upaya Tingkatkan Daya Tampung Air di Kali". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru