Gempa Bumi Terkini, Dirasakan Di Jakarta, Depok, Bogor, Magnitudo 5,6, Tidak Tsunami

Senin, 21 November 2022 | 13:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Gempa Bumi Terkini, Dirasakan Di Jakarta, Depok, Bogor, Magnitudo 5,6, Tidak Tsunami

Evakuasi ratusan karyawan di gedung perkantoran kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, usai terjadi gempa bumi yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gempa bumi dirasakan di Jakarta dan sekitarnya siang hari ini, Senin 21 November 2022. Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis kekuatan gempa M 5.6. 

Gempa terkini yang dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya ini terjadi sekitar pukul 13.20 WIB. Namun sejauh ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Dalam keterangan resmi info gempa terkini, BMKG menyebut lokasi pusat gempa bumi yang dirasakan di Jakarta ini berada pada 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Warga dihimbau tidak panik karena gempa bumi tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi TSUNAMI," tulis BMKG.

Gempa bumi terkini yang dirasakan di Jakarta dan sekitarnya ini membuat warga di Bogor panik. "Gempa bumi terasa kencang. Banyak orang berhamburan ke luar rumah dan gedung," ucap Asnil, warga Jakarta yang sedang dinas di Kota Bogor.

Hal senada juga disampaikan Ria, karyawan swasta di Jakarta. Meski ada gempa, Ria dan teman-temannya tidak panik. "Semua bertahan di dalam kantor," ujarnya.

Baca Juga: BMKG Mencatat Gempa Terkini Magnitudo 5,0, Berikut Ini Lokasinya

Dilansir dari Kompas.com, gempa bumi terkini hari ini cukup terasa kencang di Jakarta Selatan. "Lampu rumah aja masih goyang ini," ujar Dani, warga Kalibata, Jakarta Selatan.

Gempa bumi terkini juga terasa di kawasan Depok, Jawa Barat. Eko, salah seorang warga, merasakan gempa mengguncang cukup hebat karena hiasan lampu gantung, televisi, hingga meja bergoyang cukup kuat. "Kira-kira sekitar 5 detik," ucap Eko.

Gempa juga terasa di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Baca juga: Gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur, Guncangannya Terasa sampai Jabodetabek "Gue kira pusing karena belum makan," ujar Bagus yang menyebut meja kerjanya turut bergeser karena gempa.   Badan

Wartawan Kontan yang berada di Gedung Bank Indonesia (BI) menyebut ada evakuasi akibat gempa bumi terkini hari ini. Sebagian besar pegawai BI keluar kantor dan berkumpul di titik evakuasi setelah gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru