Gerhana Matahari Total 20 April Tak Boleh Dilihat Secara Langsung, Ini Cara Amannya

Selasa, 18 April 2023 | 04:05 WIB Sumber: Kompas.com
Gerhana Matahari Total 20 April Tak Boleh Dilihat Secara Langsung, Ini Cara Amannya

ILUSTRASI. Kamis (20/4/2023) mendatang, sebagian wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total.


GERHANA - JAKARTA. Pada Kamis (20/4/2023) mendatang, sebagian wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total. Puncak fenomena langka tersebut dapat dilihat sesuai dengan waktu masing-masing daerah. 

Kendati demikian, Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang melarang masyarakat untuk melihat gerhana matahari total secara langsung. 

"Gerhana matahari total itu tidak dapat dilihat secara langsung menggunakan mata telanjang," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/4/2023). 

Meskipun cahaya matahari menjadi redup dan langit menjadi gelap, kata Andi, bagian terluar matahari tetap memancarkan cahaya. 

"Di sekitar bagian terluar matahari, yaitu prominensa dan korona itu akan menghasilkan intensitas cahaya yang sama sebagaimana saat tidak terjadi gerhana matahari," terangnya. 

Baca Juga: Ini Daftar Wilayah yang Bakal Mengalami Gerhana Matahari Total pada 20 April

Alasan gerhana matahari tidak boleh dilihat langsung 

Lebih lanjut Andi menjelasakan, alasan mengapa gerhana matahari total tidak boleh dilihat secara langsung adalah karena lensa mata manusia seperti lensa cembung yang sifatnya adalah konvergen atau memusatkan cahaya pada satu titik fokus. 

"Sehingga jika sinar matahari itu melewati lensa mata kita, itu akan difokuskan ke arah retina dan lama-lama akan membuat sensasi panas bahkan terbakar di retina mata," jelasnya. 

Dokter mata anak di Washington, Vike Vicente juga melarang hal yang sama. Vicente mengatakan, menatap gerhana matahari total selama 10 menit bisa membakar sel-sel di retina.

"Dan begitu retina terbakar, tidak ada perbaikan, tidak ada perbaikan untuk itu," ucapnya, dikutip dari Washington Post. 

Baca Juga: Jam Berapa Gerhana Matahari 20 April 2023? Catat Lokasi & Waktunya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru