HOME

Graha Wisata Ragunan siap jadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19

Selasa, 29 September 2020 | 18:14 WIB Sumber: Kompas.com
Graha Wisata Ragunan siap jadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19

Petugas menyelesaikan persiapan lokasi isolasi pasien positif Covid-19 di Graha Wisata Ragunan, Jakarta, Senin (28/9/2020).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Graha Wisata Ragunan, Jakarta, siap menerima pasien isolasi mandiri. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ranty Ariany. 

“Kami sudah 100% siap. Tinggal instruksi pimpinan untuk menerima pasien,” kata Ranty saat dihubungi, Selasa (29/9) sore.   

Ranty mengatakan, puluhan kamar dan fasilitas pendukung di Graha Wisata Ragunan sudah disiapkan untuk melayani pasien isolasi orang tanpa gejala (OTG). 

Pegawai Graha Wisata Ragunan juga telah diberikan penyuluhan untuk melayani pasien OTG. 

Baca Juga: Pemprov DKI: 45% Pasien Covid-19 di DKI Jakarta tanpa gejala

“Penyuluhan untuk pegawai sudah diberikan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Penyuluhan menginformasi cara pelayanannya, bagaimana APD, bagaimana pelayanan di tempat isolasi. Kan mereka tidak ada pengalaman melayani pasien sebelumnya,” tambahnya. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjuk salah satu wisma milik pemerintah untuk dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19, yakni Graha Wisata Ragunan. 

Selain di Ragunan, Pemprov DKI Jakarta Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur. 

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Penanganan Covid-19. 

Anies menyampaikan biaya pengelolaan lokasi isolasi mandiri itu akan menggunakan APBD DKI Jakarta.

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru