Gubernur Anies Baswedan kerahkan 5.500 ASN untuk awasi pasar di DKI Jakarta

Kamis, 02 Juli 2020 | 12:16 WIB Sumber: Kompas.com
Gubernur Anies Baswedan kerahkan 5.500 ASN untuk awasi pasar di DKI Jakarta

ILUSTRASI. Petugas kebersihan menyemprotkan cairan disinfektan di lapak milik pedagang Pasar Palmerah, Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Sebanyak 5.500 aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan untuk turut mengawasi pasar di DKI Jakarta agar terbebas Covid-19. 

Direktur Keuangan dan Administrasi PD Pasar Jaya Ratih Mayasari mengatakan, pengerahan tersebut merupakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihaknya juga tetap mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 untuk memberikan sanksi terhadap pelanggar. 

Baca Juga: Tak jalankan protokol pencegahan Covid-19, dua perkantoran di Jakarta ditutup

"Gubernur telah mengerahkan 5.500 ASN termasuk bantuan TNI/Polri untuk disebar ke seluruh Pasar Jaya untuk mengawasi," kata Ratih dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (2/7/2020). 

Ia mengatakan, dalam pengawasannya, dilakukan sistem jam kerja dan penempatannya pun diatur berdasarkan ukuran pasar. Pasalnya, pasar yang merupakan aset PD Pasar Jaya memiliki ukuran yang berbeda-beda. "Kalau ukurannya besar, maka tenaganya lebih banyak lagi," kata dia. 

Saat ini, PD Pasar Jaya juga melakukan desinfektan terhadap seluruh pasar. Kemudian, ada 69 pasar yang telah dilakukan tes swab baik bagi pedagang, pembeli maupun individu yang berada di pasar tersebut. 

Baca Juga: Ini alasan gubernur Anies cabut penerapan ganjil genap kios pedagang di pasar

Meskipun hasil swab nantinya menunjukkan negatif, pasar tetap akan ditutup dan dilakukan pembersihan selama tiga hari. "Kami kerja sama dengan PMI untuk lakukan penyemprotan. Ketika tiga hari selesai, pasar bisa beroperasi lagi," kata dia. 

Ia berharap, dengan kolaborasi yang dilakukan itu, maka perekonomian di Ibu Kota bisa menggeliat kembali dan pandemi Covid-19 bisa dikalahkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Baswedan Kerahkan 5.500 ASN Awasi Pasar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru