Kebijakan

Gubernur Anies: Malam takbiran di DKI berjalan aman dan tanpa kerumunan

Kamis, 13 Mei 2021 | 06:36 WIB Sumber: Kompas.com
Gubernur Anies: Malam takbiran di DKI berjalan aman dan tanpa kerumunan

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim, malam takbiran jelang Idul Fitri 1442 Hijriah berjalan aman dan tanpa kerumunan pada Rabu (12/5) malam. 

Anies menyebut, banyak warga yang sudah melakukan anjuran pemerintah untuk tidak takbiran keliling dan hanya melakukan takbiran di masjid-masjid terdekat. 

"Alhamdulillah ini (anjuran pemerintah) terlaksana. Alhamdulillah dengan berkat koordinasi yang amat baik dari jajaran Kepolisian, Kodam, dan jajaran Pemerintah Provinsi ini semua bisa terlaksana,” kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia pada Rabu (12/5) malam. 

Menurut Anies, crowd free night sudah diberlakukan mulai jam 22.00 WIB. Pembatasan mobilitas juga dilakukan di jalan-jalan utama. 

“Ini bukan hanya di kawasan Sudirman-Thamrin saja tapi juga di seluruh lima wilayah administrasi Jakarta. Malam hari ini Alhamdulillah kondisinya terkendali dan Insya Allah masyarakat besok sesuai dengan anjuran usahakan untuk di rumah,” kata dia. 

Anies yang didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrahman meminta warga tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan tetap mengurangi mobilitas. 

Baca Juga: Anies Baswedan: Jabodetabek sepakat anjurkan shalat Idul Fitri dilakukan di rumah

Sebelumnya, warga DKI Jakarta dilarang melakukan takbiran keliling pada malam Idul Fitri 1442 Hijriah

Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama lewat terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 di Saat Pandemi Covid-19. 

Dalam SE tersebut, Kemenag melarang pelaksanaan takbiran keliling pada malam Idul Fitri. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian menerbitkan Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Masa Libur Idul Fitri 1442 H/ 2021 M. 

Dalam seruan tersebut, Anies mengimbau warga Jakarta untuk melaksanakan takbiran secara virtual. (Wahyu Adityo Prodjo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Bersyukur Malam Takbiran di Jakarta Berjalan Aman dan Tanpa Kerumunan".

 

Selanjutnya: Jokowi: Di hari kemenangan ini jadi momentum untuk bangkit dan menang lawan pandemi

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru