Gunung Merapi kembali meletus Jumat pagi, tinggi kolom mencapai 3.000 meter

Jumat, 10 April 2020 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi kembali meletus Jumat pagi, tinggi kolom mencapai 3.000 meter

ILUSTRASI. Gunung Merapi kembali meletus Jumat pagi, tinggi kolom mencapai 3.000 meter. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pras.


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Erupsi Gunung Merapi terjadi pada Jumat 10 April 2020 pukul 09.10 WIB. Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 3.000 meter dari puncak. Petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman membenarkan telah terjadi erupsi pada pukul 09.10 WIB. 

"Iya betul (terjadi erupsi Gunung Merapi)," ucap Petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman saat dihubungi via WhatsApp (WA), Jumat (10/4/2020). 

Baca Juga: Gara-gara virus corona, satu proyek pembangkit listrik panas bumi molor

Dari data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm. Sedangkan durasi tercatat 103 detik. Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 3.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat laut. 

Baca Juga: Doni Monardo: Butuh Kesadaran Kolektif Atasi Bencana

Sampai dengan saat ini, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan tingkat aktivitas Gunung Merapi pada level II atau waspada. BPPTKG Yogyakarta juga masih menetapkan jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan jangan panik. Jika terjadi hujan abu, masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Merapi Kembali Meletus, Tinggi Kolom Capai 3.000 Meter"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru