H-10 Lebaran, Kendaraan Pemudik Mulai Padati Tol Tangerang Merak

Minggu, 24 April 2022 | 08:58 WIB Sumber: Kompas.com
H-10 Lebaran, Kendaraan Pemudik Mulai Padati Tol Tangerang Merak

ILUSTRASI. Sejumlah kendara memasuki gerbang tol untuk melakukan pembayaran di Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.


MUDIK LEBARAN - SERANG. Pengelola Tol Tangerang-Merak mencatat adanya kenaikan volume kendaraan dari arah Jabodetabek di Gerbang Tol Cikupa pada akhir pekan ini. 

Trafik kendaraan mengalami kenaikan sebesar 16% dibandingkan trafik harian. 

"Trafik per tanggal 22 April di gerbang Tol Cikupa total (entrance) sebanyak 51.885 unit atau naik 16% dibanding lalu lintas di GT Cikupa harian," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah kepada Kompas.com, Sabtu (23/4). 

Meski terjadi peningkatan trafik, Uswatun menyampaikan bahwa tidak ada antrean panjang, lalu lintas pun masih lancar. 

"Untuk kendaraan yang melintas di GT Cikupa didominasi golongan satu atau kendaraan pribadi," ujar Uswatun. 

Sementara di Gerbang Tol Merak, terjadi peningkatan trafik kendaraan yang keluar menuju Pelabuhan Merak sebanyak 12.400 atau sebesar 20% dari trafik harian 9.000 unit. 

Baca Juga: Bakal Diserbu 23,5 Juta Orang, Jateng Jadi Daerah Terbesar Tujuan Pemudik

Kenaikan itu pun, lanjut Uswatun, tidak menyebabkan adanya antrean panjang di gerbang Tol Merak. 

Berdasarkan data, kendaraan golongan satu atau pribadi masih mendominasi di Gerbang Tol Merak yang keluar menuju pelabuhan. "Sekitar 55% (golongan I) dibandingkan kendaraan besar golongan II-V," kata Uswatun. 

Uswatun menyebut, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada hari Jumat (29/4) dengan total lalu lintas mencapai 184.290 kendaraan atau meningkat 17,87% dari jumlah lalu lintas tertinggi harian rata-rata 156,346 kendaraan.

Dalam menangani kepadatan arus mudik serta liburan dilakukan upaya-upaya intensif pada layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung.  

Pada layanan transaksi, ASTRA Tol Tangerang-Merak memaksimalkan operasional 102 gardu regular yang terdapat pada 10 Gerbang Tol, terdiri atas 43 Gardu Entrance, 53 Gardu Exit dan 6 gardu Ramp. 

Baca Juga: Permintaan Tiket Damri Naik Hampir 100% pada Periode Mudik Lebaran 2022

Untuk menambah layanan transaksi dioperasionalkan 2 gardu tandem khusus di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit) serta mengoptimalkan 40 mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang, dengan tambahan 18 personil. 

"Layanan transaksi itu yang tersebar di Gerbang Tol Cikupa dan Merak," jelas Uswatun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "H-10 Lebaran, Kendaraan Pemudik Mulai Padati Tol Tangerang Merak"

Penulis : Kontributor Serang, Rasyid Ridho
Editor : Khairina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru