Heboh suara dentuman dini hari, PVMBG: Bukan dari Anak Krakatau

Sabtu, 11 April 2020 | 06:55 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Heboh suara dentuman dini hari, PVMBG: Bukan dari Anak Krakatau

ILUSTRASI. Erupsi Gunung Anak Krakatau terlihat dari KRI Torani 860 saat berlayar di Selat Sunda, Lampung, Selasa (1/1/2019).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak sedikit warga Jakarta Selatan, Depok, dan Bogor yang mendengar suara dentuman pada Sabtu (11/4) dini hari. Dentuman tersebut terdengar seperti letusan yang terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan, suara dentuman yang terdengar dini hari tadi tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara itu diketahui beberapa kali terdengar dini hari ini

"Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, Sabtu (11/4), seperti dikutip Sonora.id.

Baca Juga: Dentuman berulang-ulang dini hari, warga Bogor dan Depok terbangun

Hendra menilai, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan gunung yang terletak di Selat Sunda tersebut, menurutnya, relatif kecil.

"Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut)," jelas Hendra.

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru