Hipmi butuh kepemimpinan perempuan untuk kemajuan di berbagai bidang

Selasa, 30 November 2021 | 18:13 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Hipmi butuh kepemimpinan perempuan untuk kemajuan di berbagai bidang

ILUSTRASI. Ketua Umum (caketum) BPD HIPMI Jaya, Sona Maesana


KEPEMIMPINAN -  JAKARTA. Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DKI Jakarta Sona Maesana menilai kepemimpinan perempuan sangat dibutuhkan dalam kemajuan di berbagai bidang. Menurut dia, peran perempuan saat ini sudah dipertimbangkan untuk memegang posisi strategi di berbagai sektor.

"Di beberapa perusahaan, pemerintah, dan beberapa lembaga organisasi sudah mulai diterapkan minimum 30 persen posisi ditempati oleh perempuan. Perempuan itu sangat penting dan berpengaruh dalam kepengurusan," ujar Sona dalam siaran pers, Selasa (30/11).

Sona menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara debat calon ketua umum BPC HIPMI se-DKI Jakarta Raya periode 2021-2024 di Jakarta Selatan, Selasa (30/11). Dalam acara ini, Rika Amelia Rush menjadi salah satu calon ketua dari kaum perempuan yang maju untuk menjadi kandidat ketua BPD HIPMI Jakarta Barat.  

Sona lebih lanjut mengatakan melihat fenomena pentingnya peran perempuan itu maka HIPMI juga perlu melenggangkan peran perempuan dalam badan organisasi.

Baca Juga: Pengusaha berharap kepala daerah laksanakan PP 36/2021 dalam penentuan upah minimum

"Di kalangan masyarakat pun berbicara UMKM itu banyak pelaku usahanya adalah  perempuan. Karena perempuan ini mereka selain mempunyai tanggung jawab berumah tangga mereka juga mampu melakukan aktivitas bisnis dari rumah," beber Sona.

Sona menyebut perkembangan era digitalisasi membuat pengusaha perempuan lebih kreatif dan terekspos. "Maka itu kami HIPMI Jaya juga ingin terus mendorong lahirnya dan banyaknya pengusaha wanita yang bergabung di HIPMI Jaya adalah bukti bahwa jumlah member pengusaha perempuan meningkat bahkan diposisi-posisi strategis," ungkap ketua OKK itu.

Ketua panitia seleksi pemilihan ketua umum BPC Hipmi di 5 wilayah DKI Jakarta Raya, Harizah Persiana Mangkunegara mengatakan peran perempuan sangat dibutuhkan. "Perempuan kan biasanya multi tasking. Biasanya dengan menjabat di organisasi bisa lebih prepare," ujar doa.

Ketua OKK BPD HIPMI Jaya itu memaparkan menyambut baik adanya calon perempuan pada bursa ketua umum BPC. "Harapannya semoga ruang dan sinergi bagi teman- teman perempuan bisa lebih besar dengan adanya caketum perempuan sekarang ini," beber dia.

Baca Juga: Pemerintah akan hapus ketentuan tax holiday, Hipmi: Akan berdampak ke minat investasi

Harizah menyebut dari 17 orang calon ketua umum BPC ini ada satu-satunya kader perempuan yang maju menjadi ketua umum BPC berasal dari wilayah Jakarta Barat.  "Dan ini baru pertama kali, selama tiga kali kita sudah ada pemimpin, tiga periode kepemimpinan BPC adalah laki-laki. Nah tahun ini ada satu orang perempuan," ujar dia.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru