Hutama Karya Garap proyek Pelabaran Geometrik Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun

Senin, 04 Juli 2022 | 15:54 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Hutama Karya Garap proyek Pelabaran Geometrik Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun

ILUSTRASI. Kantor pusat bumn Hutama karya atau HK di cawang Jakarta Pho KONTAN/Achmad Fauzie/29/01/2015


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Brantas Abipraya (Persero) yaitu KSO HK-Abipraya dipercaya untuk mengerjakan proyek Penanganan Pelebaran dan Perbaikan Geometrik Jalan Soreang–Rancabali–Cidaun di Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyatakan, kehadiran proyek Penanganan Pelebaran dan Perbaikan Geometrik Jalan Soreang–Rancabali–Cidaun ini bertujuan untuk pelebaran jalan dan memperbaiki jalan yang berlubang di beberapa titik. 

“Tujuan utama dari pelaksanaan paket preservasi jalan Sireang–Rancabali–Cidaun ini adalah untuk menjaga kondisi jalan nasional agar tetap layak sehingga mobilisasi kendaraan dapat berjalan dengan baik serta meningkatkan perekonomian daerah khususnya di daerah Soreang dan sekitarnya,” ujar Novias dalam siaran pers di laman Hutama Karya, Senin (4/7).

Lebih lanjut, Novias menjelaskan ruang lingkup pekerjaan utama proyek ini meliputi perbaikan jalan sepanjang 60.11 km, drainase sepanjang 2.55 km, jembatan sepanjang 26.90 m dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 84.05 km serta jembatan sepanjang 376.3 m dengan waktu pengerjaan sekitar 2,5 tahun sejak ditandatanganinya kontrak.

Baca Juga: Pemerintah Bersiap Melakukan Tender Proyek Jalan Tol yang Melintasi Kawasan IKN Baru

KSO HK-Abipraya telah menyiapkan strategi agar proyek ini dapat selesai tepat waktu dan tepat mutu. 

“Diperlukan penanganan dengan menggunakan struktur konstruksi perkerasan jalan yang khusus karena penggunaan aspal konvensional tidak direkomendasikan dengan kondisi geografis yang tidak terpapar sinar matahari langsung,” tutup Novias.

Dengan adanya proyek Penanganan Pelebaran dan Perbaikan Geometrik Jalan Soreang–Rancabali–Cidaun ini akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa di daerah tersebut, membuka lapangan pekerjaan serta menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 

Dikarenakan pembangunan proyek ini masih dalam kondisi waspada Covid-19, Hutama Karya memastikan akan selalu melakukan pengawasan dan pencegahan penyebaran virus melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru