Ingat, stasiun MRT Benhil dan Senayan tutup mulai hari ini

Senin, 27 April 2020 | 10:57 WIB Sumber: Kompas.com
Ingat, stasiun MRT Benhil dan Senayan tutup mulai hari ini

ILUSTRASI. Petugas berpatroli di dalam gerbong kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan


MRT - JAKARTA. PT Moda Raya Transportasi (MRT) menutup sementara Stasiun Bendungan Hilir dan Senayan mulai Senin (27/4) ini. 

Hingga kini, total ada tujuh stasiun MRT yang tidak dioperasikan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di ibu kota. 

Lima stasiun yang sudah ditutup sejak pekan lalu, yakni Stasiun ASEAN, Blok A, Haji Nawi, Istora Mandiri, dan Setiabudi Astra. 

Baca Juga: Dukung PSBB, pekan depan MRT tutup stasiun Benhil dan Senayan

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Muhammad Effendi mengatakan, penutupan stasiun dilakukan untuk mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. 
Selama penutupan tersebut, ratangga tidak akan berhenti di stasiun tersebut dan hanya ada enam stasiun yang tetap beroperasi.

“Kereta hanya akan berhenti di Stasiun Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI," ujar Effendi dalam keterangan tertulis.

Menurut Effendi, masyarakat dapat melanjutkan perjalanan dari stasiun yang masih beroperasi menggunakan bus pengumpan Transjakarta untuk menjangkau stasiun yang tutup. 

Sementara itu, PT MRT masih menerapkan peraturan terkait operasional kereta selama PSBB berlangsung. 

Aturan tersebut di antaranya membatasi jam operasional pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB, jarak antar kereta (headway) 30 menit. 

Jumlah penumpang juga dibatasi maksimal 60 orang per kereta dan diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak fisik atau physical distancing. 

"Mari bersama-sama cegah penyebaran virus corona dengan terus menjaga kesehatan, kebersihan diri (personal hygiene) dan membatasi bepergian hanya untuk kebutuhan mendesak," kata Efendi. 

Baca Juga: BPTJ: Sejak sebelum PSBB, penumpang angkutan umum Jabodetabek turun drastis

Diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperpanjang masa penerapan PSBB di Jakarta selama 28 hari ke depan sampai 22 Mei 2020. 
Selama penerapan PSBB, seluruh aktivitas masyarakat akan dibatasi dengan tujuan memutus rantai penularan Covid-19 yang jumlah kasusnya masih terus bertambah. (Tria Sutrisna)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Stasiun MRT Benhil dan Senayan Tutup Mulai Hari Ini, Total 7 Stasiun Tak Beroperasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru