Ini Jadwal Operasional Tol Fungsional Solo-Yogyakarta pada Mudik Lebaran Tahun Ini

Kamis, 21 Maret 2024 | 22:02 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Jadwal Operasional Tol Fungsional Solo-Yogyakarta pada Mudik Lebaran Tahun Ini

ILUSTRASI. Proyek jalan tol Solo-Jogja ruas Kartasura-Klaten.


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta mulai disiapkan kembali untuk digunakan pada musim Mudik Lebaran mendatang.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, sejumlah upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan selama periode Lebaran 2024.

Baca Juga: Lebaran, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tol Solo-Jogja dan Jakarta-Cikampek

Salah satunya dengan menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol untuk mendistribusikan lalu lintas, di antaranya yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Yogya-Solo).

“Untuk Jalan Tol Yogya-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 Km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 KM),” ujar Lisye, dalam keterangan resmi (21/3/2024).

“Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo,” kata dia.

Lisye juga mengatakan, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Targetkan Divestasi Tol Trans Jawa pada Semester I 2024

Sebelumnya pihak PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) sudah membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsional saat menyambut arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Menariknya ketika itu, panjang tol fungsional ini hanya 12 Km. Namun kini sudah lebih panjang mencapai 22,3 Km.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Solo-Yogyakarta Dibuka buat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru