Ini Penyebab Harga Beras di Palu Tembus Rp 14.000 Per Kg

Kamis, 21 September 2023 | 13:20 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Penyebab Harga Beras di Palu Tembus Rp 14.000 Per Kg

ILUSTRASI. Harga Beras di Palu Tembus Rp 14.000 Per Kg, Bulog Ungkap akibat Panen Tak Serentak. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.


HARGA BERAS - PALU. Beras medium di pasar tradisional, di Kota Palu, Sulawesi Tengah beberapa bulan ini mengalami kenaikan. Harga beras naik dari Rp 10.000 per kg menjadi Rp  11.000-13.000 per kg. 

Seorang pembeli, Sisi mengaku berat dengan harga beras saat ini. Apalagi saban harinya dirinya berjualan makanan.

"Berasa sekali harga beras sekarang. Apalagi saya berjualan makanan dengan sistem prasmanan," kata Sisi, ditemui KOMPAS.com di pasar Tradisional Masomba, Rabu (20/9/2023).

"Benar tidak langsung naik sekaligus berasnya tapi bertahap. Tapi tetap saja berasa," ujarnya.

Tak hanya Sisi, Anna (42) seorang ibu rumah tangga juga mengaku tingginya harga beras sekarang.

"Berasa betul harga beras sekarang," ujarnya.

Baca Juga: Stok Menipis, Ritel Modern Batasi Penjualan Beras

Pedagang di pasar Masomba , Kasma (42) smengaku kenaikan ini sudah terjadi di awal tahun.

"Dari Rp 10.000 lalu itu per kilonya, baru naik Rp 12.000, Rp 13.000 dan sekarang Rp 14.000. Soalnya di penggilingan beras pengirimannya ke Jawa karena harga di sana tinggi, " katanya.

"Awalnya kita tidak prediksi beras akan naik karena sudah naik di Januari 2023 lalu, tapi ini naik lagi. Sudah seminggu harga beras jadi Rp 14.000 per kg," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan ini Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tengah melakukan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) ke wilayah kabupaten dan kota. Bulog menjual beras SPHP ke masyarakat umum dengan harga Rp 10.900 rupiah per kg.

"Kita sudah kemas dalam ukuran 5 kilogram. Kita kirim ke pasar itu tiga kali dalam sepekan sebanyak 10 ton setiap pasar," kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Heriswan.

"Itu ada outlet dan mitra kita yang menyiapkan beras SPHP, " ujarnya.

Heriswan mengatakan kenaikan harga beras di wilayah Sulteng tidak terlalu signifikan. Menurutnya kenaikan ini penyebabnya karena di Sulteng belum panen.

Baca Juga: Agar Lebih Merata, Peritel Batasi Pembelian Beras SPHP Maksimal 2 Karung

"Berhubung panen tidak serentak. Makanya harga tinggi. Untuk mengantisipasi kenaikan ini kita jor- joran jual beras SPHP di pasar," katanya.

"Selain itu pemerintah segera menyalurkan bantuan pangan. Sehingga beras ada di setiap KPM atau keluarga penerima manfaat. Bantuan pangan ini selama 3 bulan ke depan (Oktober, November Desember). Berhubung karena harga cenderung naik, maka pemerintah mempercepat penyaluran, " jelasnya

"Mudah-mudahan dengan adanya, bantuan pangan ini bisa menekan kenaikan harga, " harapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Beras di Palu Tembus Rp 14.000 Per Kg, Bulog Ungkap akibat Panen Tak Serentak"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru