Ini yang membuat terminal Pondok Cabe Pamulang sepi

Selasa, 27 Agustus 2019 | 14:03 WIB Sumber: Kompas.com
Ini yang membuat terminal Pondok Cabe Pamulang sepi

ILUSTRASI. Pembangunan Terminal Bus Pondok Cabe

KONTAN.CO.ID - TANGERANG SELATAN. Kepala Satuan Pelayanan Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Stanley Pupawijaya, menduga ada sekitar empat terminal bayangan di sekitar Terminal Pondok Cabe di Jalan Kemiri, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan.

Keberadaan terminal-terminal bayangan itu membuat Terminal Pondok Cabe jadi sepi. Adanya terminal bayangan membuat penumpang banyak naik dan turun di terminal bayangan, bukan di Terminal Pondok Cabe.

Baca Juga: Lion Air Group akan lakukan penyesuaian tarif bagasi mulai bulan depan

"Ada sekitar empat terminal bayangan. Itu ada di Ciputat, Parung, Pasar Jumat, sama Pondok Pinang," kata Stanley, Selasa (27/8).

Menurut Stanley, keberadaan terminal bayangan tersebut seakan memanjakan penumpang untuk naik dan turun di lokasi yang diinginkan. Dampaknya kondisi terminal Pondok Cabe, yang telah resmi menjadi terminal tipe A pada Desember 2018, menjadi sepi.

Stanley memaparkan, untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hanya ada 50 sampai 80 penumpang setiap hari di terminal itu. "Penumpang kalau hari libur besar bisa 100 per hari. Jadi ini sepi dalam artinya mungkin tak seramai terminal Kampung Rambutan versi penjual tiket di sini," katanya.

Stanley juga mengatakan, permasalahan lainnya bukan hanya adanya terminal bayangan, tetapi juga banyak bus yang membandel dengan menurun dan menaikan penumpang di pool masing-masing.

Baca Juga: Perluas pasar gas bumi, begini rencana bisnis PGN (PGAS)

"Seperti pool bus Kramat Djati, Rosalia Indah, dan Primajasa pun masih naik turunkan penumpang di pool mereka, yang jelas tidak boleh naik turun penumpang di pool bus. Pool bus adalah tempat bus melakukan perbaikan dan sebagai garasi bukan naik penumpang," kata dia.

Terminal Pondok Cabe sudah hampir satu tahun diresmikan. (Muhammad Isa Bustomi)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Terminal Bayangan Disinyalir Ada di Dekat Terminal Pondok Cabe", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/27/13453151/4-terminal-bayangan-disinyalir-ada-di-dekat-terminal-pondok-cabe. 
Penulis : Muhammad Isa Bustomi
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Noverius Laoli
Terbaru