Intip Jadwal Dieng Culture Festival 2024: Harga Tiket, Acara, hingga Lokasi

Sabtu, 22 Juni 2024 | 18:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Intip Jadwal Dieng Culture Festival 2024: Harga Tiket, Acara, hingga Lokasi

ILUSTRASI. Dieng Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.


WISATA - JAKARTA. Salah satu acara tahunan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia adalah Dieng Culture Festival. DCF adalah festival budaya yang digelar setiap tahun di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Acara ini menggabungkan pesona alam Dieng dengan berbagai pertunjukan seni budaya, tradisi lokal, serta usaha pemberdayaan masyarakat setempat.

Festival ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, organisasi, dan pemerintah daerah.

Tujuan utama dari festival ini adalah untuk melestarikan warisan budaya Dieng, memperkenalkan potensi wisata kawasan ini, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Dieng.

DCF telah memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi di Dieng. Festival ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan dari seluruh Indonesia, tetapi juga dari luar negeri.

Selain itu, DCF juga berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat setempat melalui penjualan produk lokal dan jasa wisata.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Bawen Jateng Juni 2024, Jam Operasional, dan Lokasi

Wisata Dieng, Banjarnegara

Rangkaian Acara Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival biasanya berlangsung selama tiga hari berturut-turut dan menawarkan berbagai acara menarik, antara lain:

Festival ini menampilkan beragam seni budaya tradisional, termasuk tari, musik, wayang kulit, dan ketoprak. Salah satu ritual terkenal di DCF adalah Ruwatan Bocah Rambut Gimbal, yang bertujuan untuk membersihkan anak-anak berambut gimbal dari nasib buruk.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para pengrajin dan pelaku UMKM di Dieng untuk memamerkan produk-produk mereka. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas wisata seperti trekking, berkemah, dan mengunjungi tempat-tempat wisata alam di Dieng.

DCF tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan dan mempromosikan kebudayaan Dieng, tetapi juga menjadi sarana bagi pengembangan ekonomi dan pariwisata lokal.

Kapan Dieng Culture Festival 2024 akan terselenggara?

Dieng Culture Festival 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024 mendatang. Festival ini akan menampilkan berbagai macam acara yang menarik, seperti pertunjukan seni budaya, ritual budaya, pameran produk lokal, dan kegiatan wisata.

Melansir dari Kantor Berita ANTARA, Pelaksanaan DCF ke-14 tahun 2024 telah ditetapkan pada bulan Agustus nanti. Alif Faozi menjelaskan bahwa kelompok tersebut, sebagai penyelenggara festival, masih mempersiapkan rencana kegiatan untuk DCF tahun ini dengan tema "Kembali ke Perjalanan," yang berfokus pada menghidupkan kembali nilai-nilai budaya.

Oleh karena itu, beberapa pertunjukan musik yang biasanya ada akan dikurangi, lanjutnya. “Pada DCF sebelumnya, kami memiliki dua acara musik, yaitu 'Jazz Atas Awan' dan 'Harmony Atas Awan.'

Tahun ini, mungkin hanya akan ada Jazz Atas Awan saja, sementara Harmony Atas Awan mungkin ditiadakan,” ungkapnya.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park Juni 2024, Lokasi, dan Jam Operasionalnya

Prediksi Lokasi Dieng Culture Festival 2024

Seperti yang dikonfirmasi oleh ketua Pokdarwis, lokasi Dieng Culture Festival 2024 ini masih belum dipastikan. Hal ini karena masih dalam koordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tahun lalu, Event Dieng Culture Festival 2023 tidak digelar menyusul adanya proyek strategis nasional (PSN) tentang penataan kawasan Dieng.

Sementara ini, informasi tiket belum resmi diluncurkan pada laman resmi seperti https://festivaldieng.id/ atau laman https://diengpandawa.com/.

Sebagai informasi, pada DCF 2022, wisatawan harus mengantre untuk menadpatkan tiket tersebut dengan banderol termurah dari Rp750.000 termasuk homestay.

Nah, anda  Anda terus memantau informasi terbaru terkait Dieng Culture Festival 2024 melalui media sosial Instagram di @festival_dieng.

Selanjutnya: Ketua Hipmi Jakarta Timur, Satrio Rama, Siap Pimpin Hipmi Jaya DKI

Menarik Dibaca: Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor, Besok (23/6): Cerah dan Cerah Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru