Jakarta belum aman, pemulasaraan jenazah covid sepanjang Mei masih ada 690 kasus

Selasa, 26 Mei 2020 | 05:45 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Jakarta belum aman, pemulasaraan jenazah covid sepanjang Mei masih ada 690 kasus


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA- Provinsi DKI Jakarta belum terbebas dari virus corona covid-19. Sebab saban hari masih banyak kasus warga yang dimakamkan dengan prosedur atau protokol kesehatan dengan pemulasaraan jenazah covid.

Meskipun pemulasaraan jenazah covid jumlahnya secara harian tidak sebesar pada waktu sebulan lalu, tapi secara total dalam sebulan terakhir jumlahnya masih cukup besar.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta melaporkan sepanjang 1 Mei-24 Mei 2020 sebanyak 690 jenazah warga dimakamkan dengan protokol corona di Jakarta atau jenazah covid.

Baca Juga: Sedih! Ada 690 jenazah warga dimakamkan dengan protokol corona di Jakarta pada Mei

Sebagai catatan, warga yang dimakamkan dengan protokol corona ini memang belum tentu meninggal karena positif terinfeksi virus corona.

Namun kematian warga tersebut setelah menunjukkan tanda-tanda awal terinfeksi virus corona. Atau warga yang meninggal sudah masuk dalam kelompok orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pemantauan (PDP) sehingga jasadnya masuk dalam kategori jenazah covid.

Baca Juga: Update corona di Jakarta Senin (25/5) positif 6.628 sembuh 1.648 meninggal 506

Jumlah pemakaman jenazah covid atau dengan menggunakan protokol corona di Jakarta ini, memang berbeda jauh dengan angka catatan warga yang meninggal dengan status positif corona di Jakarta.

Berdasarkan catatan KONTAN, warga yang meninggal sebagai jenazah covid dengan status positif terinfeksi virus corona di Jakarta pada periode 1 Mei-24 Mei 2020 sebanyak 113 orang.

Baca Juga: Ingat, untuk masuk Jakarta harus ada hasil rapid test dan PCR

Jika per tanggal 30 April sebanyak kasus kematian akibat positif terinfeksi corona di Jakarta sebanyak 393, pada 24 Mei, total jumlah kematian yang sudah pasti positif corona di Jakarta mencapai 506.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru